GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Guru Besar Pencetus Psikologi Islami Tutup Usia ( Guru besar sekaligus pencetus Psikologi Islami, Muhammad Ngemron, meninggal duina )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 30 Maret 2014 | 13.15

Guru besar sekaligus pencetus Psikologi Islami, Muhammad Ngemron, meninggal duina. (Foto: Bramantyo/Okezone) 
Guru besar sekaligus pencetus Psikologi Islami, Muhammad Ngemron, meninggal duina. (Foto: Bramantyo/Okezone)  

SOLO - Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sukoharjo, Jawa Tengah sedang berduka. Guru Besar Psikologi UMS Sukoharjo, Jawa Tengah, Mohammad Ngemron meninggal dunia dalam usia 67 tahun akibat penyakit jantung.

Pencetus Psikologi Islami dan Psikologi berbasis budaya Jawa ini menghembuskan nafas setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Dr Oen, Solo Baru.

"Beliau meninggal dini tadi Sekira pukul 01.00 WIB di rumah sakit Dr Oen Solo Baru. Beliau sudah lama sakit ginjal, jantung," kata salah satu mantan murid yang kini menjadi dosen di STAIN Batusangkar, Sumatera Barat, Dian Erhan, di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (5/3/2014).

Dian Erhan menambahkan, rencananya, Guru Besar Psikologi yang juga abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta bergelar Kanjeng Pangeran (KP) Aryo Yogisworo Suryadiningrat ini akan menjalani operasi jantung.

Saat ini jenazah sudah berada di rumah duka di Dukuh Lemusir Rt 01/VI Pabelan,Kartosuro, Sukoharjo, Jawa Tengah dan akan dimakamkan usai di TPU Purwogondo, Sidoharjo, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Semasa hidup, Muhammad Ngemron membuat terobosan penggabungan antara Psikologi dan Agama. Dari terobosannya tersebut, terciptalah Psikologi Islami yang hingga kini dipergunakan dalam ilmu Psikologi dan menjadi salah satu mata pelajaran utama dalam Psikologi.

Tak hanya di Psikologi Islami saja yang menjadi salah satu terobosannya, Muhammad Ngemron pun mencoba menggabungkan antara Psikologi dan budaya Jawa. Hanya saja, terobosannya ini tak semulus terobosan sebelumnya yang menjadi mata pelajaran utama.

Psikologi berbasis Jawa ini hanya sebagai pelengkap semata. Namun, meski hanya sebagai pelengkap dalam ilmu Psikologi, putri mendiang almarhum Gus Dur, Alissa Qutrunnada Zannuba Ariffah saat menjadi mahasiswi Psikologi UGM, sangat menyukai Psikologi berbasis budaya ini.

Selain sempat menjadi Dekan di Fakultas Psikologi UMS, Muhammad Ngemron pun menjadi perintis Fakultas Psikologi di sejumlah Universitas di wilayah Surakarta. (ade)
http://kampus.okezone.com/read/2014/03/05/373/950334/guru-besar-pencetus-psikologi-islami-tutup-usia 

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...