GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

(Bukan Promosi) Rahasia Seperempat Abad KFC

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 08 Desember 2012 | 11.26

http://www.kfc.com/about/images/hm_montage.jpgPendahuluan
Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan pioneer restoran cepat saji di tanah air, berdiri di Indonesia pada Oktober 1979. Persaingan restoran cepat saji yang ada di Indonesia tak terhitung jumlahnya yang bermunculan di berbagai kota ditanah air, dari mulai Mc Donald atau Pizza Hut sampai restoran kelas warung tenda, dari restoran franchise asing hingga waralaba lokal, dari restoran bertarif ratusan ribu hingga yang menyajikan makanan seharga Rp. 15 ribu setiap porsinya.
Pada tahun 1990 Mc Donald masuk Indonesia, KFC nyaris tenggelam, namun pada ulang tahun peraknya pada tahun 2004 lalu, KFC mengklaim pertumbuhan rata-rata 10 % per tahun, jumlah gerai pun setiap tahunnya bertambah hingga sekarang berjumlah 220 gerai di 37 kota di tanah air.
Kunci sukses KFC dalam bisnis restoran siap saji adalah, brand equity yang dibangun dengan strategi komunikasi yang efektif, inovasi produk, gerai experiencing dan harga kompertitif. Keempat elemen pemasaran itu dilakukan secara simultan dibungkus dengan benang merah peremajaan.
Targeting
Dalam menghadapi para kompetitor dan persaingan yang cukup ketat pada bisnis restoran cepat saji KFC selalu melakukan analisa kompetitor setiap harinya dan apa yang diinginkan customer pada setiap saat. Konsep Komunikasi dan desain yang cenderung berjiwa muda, dalam hal ini KFC tidak semata-mata menargetkan untuk segmen anak-anak muda, melainkan restoran keluarga. Komunikasinya memang dipilih berjiwa remaja, karena remaja merupakan inspirator di keluarga.
Diferensiasai
Yang menjadi brand equity KFC adalah :
1. Komunikasi yang efektif
2. Inovasi produk
3. Gerai experiencing
4. Harga yang kompetitif
5. Gerai yang kompetitif dan strategis
Competitive Positiononing
Kunci sukses KFC dalam bisnis restoran cepat saji adalah brand equity yang dibangun dengan kuat, melalui strategi komunikasi yang efektif, produk yang berkualitas, gerai yang experiencing dan harga yang kompetitif, dan yang tidak kalah pentingnya adalah KFC menyadari betul bahwa orang pergi ke restoran tidak bukan semata-mata karena kualitas dan rasa makanan melainkan karena value added yang ditawarkan, yaitu kemasan, baik kemasan makanan, service maupun asset. Packaging yang bercitra rasa premium akan menunujukkan sebarapa berkualitas KFC. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah gimmick dan citra rasa merek, itulah yang selalu dikembangkan KFC dalam menempatkan produk pada benak konsumen.
Kinerja Service Quality
· Reability atau Keandalan dalam hal ini KFC memberikan layanan yang cepat, akurat dan kompeten. Sejak krismon pada tahun 1997 KFC mengembangkan restoran cepat saji bersuasana kafe dengan pelayanan yang cepat, bisa dibilang pelayanan bintang 5 dengan harga yang reasonable.
· Assurance atau jaminan, KFC menanamkan pada setiap pelanggannya dengan kenyakinan akan kinerjanya yang bagus, kredibilitas, aman, bebas resiko dan keraguan, merupakan kunci sukses utama KFC dalam mengembangkan bisnis restoran cepat saji dan menjadi pioner restoran cepat saji di tanah air.
· Tangibles atau bukti fisik, KFC setiap tahunnya selalu mengembangkan setiap gerainya yang dulunya identik dengan tua seperti yang digambarkan oleh Kolonel Sanders, kemudian KFC memutuskan untuk merubahnya dengan gerai flagship di sejumlah tempat dengan tujuan sebagai image builder bahwa KFC tidak lagi identik dengan tua. Komunikasi yang dikembangkan KFC cukup efektif, yaitu dengan konsep dan desain flagship store yang cenderung berjiwa muda. Kemudian untuk fasilitas layanan yang diberikan yaitu KFC membangun outdoor sitting untuk orang-orang yang merokok, kemudian ada double deck free land untuk anak-anak, warung internet dan special function room, sebagai tempat pertemuan, rapat dan acara ulang tahun, itu merupakan fasilitas yang diberikan oleh KFC dan nilai lebih dari KFC yang tidak sekedar sebagai restoran untuk makan saja.
· Empaty, KFC selalu melakukan analisa kompetitor dan apa yang diinginkan oleh setiap pelanggan pada setiap harinya, dengan pelayanan yang ramah, sopan, respek dan komunikatif. Serta menciptakan produk baru yang menjadi trend setter.
· Responsiviness atau data tangkap, KFC selalu memilih tempat yang mudah untuk diakses atau tempat yang strategis, sehingga mudah dijumpai.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...