GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Melatih Jiwa dan Membimbing akhlak serta mengobati penyakit-penyakit Hati

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 09 Desember 2012 | 12.11

Akhlak-akhlak yang baik adalah sifat para nabi dan shidiqin, sedangkan akhlak-akhlak yang buruk merupakan racun yang mematikan, menghela pelakunya kejalan syaithan dan penyakit yang membuatnya tidak mendapatkan kehormatan sepanjang masa. Karena itu, dia harus mengetahui berbagai macam penyakit dan bagaimana cara mengobatinya secara global tanpa rincian yang mendetail.

http://mbooh.files.wordpress.com/2011/03/akhlak.jpg 
Keutamaan akhlak yang baik dan celaan akhlak yang buruk
Banyak orang-orang membicarakan akhlak yang baik, dengan memaparkan hasil-hasilnya tanpa memaparkan hakikatnya, sehingga mereka tidak bisa meraup seluruh hasilnya. Bahkan setiap orang menyebutkan apa yang terlintas dibenaknya. Pengungkapan hal ini bisa dikatakan ,” Seringkali penggunaan istilah akhlak yang baik dengan disertai penciptaannya.” Sehingga bisa dikatakan,”Fulan bagus penciptaannya dan bagus pula akhlaknya.” Maksudnya, bagus dzahir dan bathinnya. Yang dimaksudkan penciptaan adalah rupa dzahirnya, sedangkan maksud akhlak adalah rupa batinnya, karena memang manusia terangkai dari raga dan jiwa.
Raga atau jasad bisa mengetahui dengan penglihatan mata, sedangkan jiwa bisa mengetahui dengan bashirah (mata hati). Masing-masing memiliki bentuk dan gambaran sendiri-sendiri, bisa baik dan bisa buruk. Jiwa yang bisa mengetahui dengan bashirah, lebih besar kedudukannya daripada jasad yang bisa mengetahui dengan penglihatan mata. Karena itu Allah mengagungkan urusan-Nya, dengan berfirman,
“Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Maka apabila telah kusempurnakan kejadiannya dan kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)-Ku”. (Shad : 71-72)
Allah mengingatkan bahwa jasad itu dikaitkan dengan tanah, sedangkan ruh dikaitkan dengan Alloh. Akhlak merupakan ungkapan tentang kondisi jiwa, yang begitu mudah bisa menghasilkan perbuatan, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan. Jika perbuatan itu baik, maka disebut akhlak yang baik, dan jika buruk disebut dengan akhlak yang buruk.
Sebagai orang yang lebih banyak menganggur, merasa berat untuk berlatih, beranggapan bahwa akhlak itu sulit digambarkan perubahannya, sebagaimana perubahan dzahir yang juga sulit digambarkan.
Anggapan itu bisa ditanggapi sebagai berikut : Andaikan akhlak itu menolak perubahan, tentu tidak ada artinya nasihat dan peringatan. Lalu bagaimana engkau mengingakri perubahan akhlak, padahal kamipun bisa melihat binatang yang galak bisa menjadi lembut? Anjing tahu kapan harus tidak makan, kuda bisa tahu bagaimana cara berjalan yang baik dan mudah dihela. Hanya memang sebagian tabiat manusia ada yang cepat dirubah dan sebagian lain ada yang sulit berubah.
Sedangkan anggapan (orang merasa yakin bahwa tabiat yang merupakan pembawaan tidak bisa dirubah, ketauhilah bahwasan maksudnya bukan membelenggu sifat-sifat ini secara keseluruhan, tetapi yang dituntut secara keseluruhan, tetapi yang dituntut dari latihan itu adalah membawa syahwat ke jalan pertengahan, yaitu pertengahan antara mengabaikan dan berlebih-lebihan. Jadi bukan membelenggu semuanya secara total. Sebab syahwat diciptakan untuk suatu kegunaan yang sangat urgen dalam tabiat pembawaan. Andaikan tidak nafsu makan, manusia tentu akan binasa. Jika tidak ada nafsu seksual, keturunan tentu akan terputus. Jika tidak ada amarah sama sekali, manusia tentu tidak merasa tergerak untuk melindungi diri dari hal-hal yang merusaknya. Allah berfirman,
“Keras terhadap orang-orang kafir”. (Al-Fath : 29)
Sikap keras tidak muncul kecuali dari amarah. Andaikan tidak ada rasa amarah, tentu tidak ada jihad terhadap orang kafir. Firman-Nya yang lain.
“Dan, orang-orang yang menahan amarahnya.” (Ali Imran : 134)
Allah tidak berfirman, “Orang-orang yang membekukan amarahnya.”
Begitu pula yang dituntut dalam masalah nafsu makan, yaitu pertengahan tanpa berlebih-lebihan dan tidak terlalu sedikti. Firman-Nya,
“Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan.”(Al-A’raf :31)
Bukti lain yang menunjukkan bahwa yang dimaksudkan latihan disini adalah jalan pertengahan, ialah murah hati adalah sesuatau yang disyari’atkan dan harus dilakukan menurut jalan pertengahan, antara tidak kikir dan tidak boros, Alloh memberikan pujian tentang hal ini,
“Dan, orang-orang yang apabila membelajakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak(pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) ditengah-tengah antara yang demikian.” (Al-Furqan : 67)
Jalan pertengahan ini terkadang terwujud karena memang fitrah yang sempurna sebagai penganugerahan yang menyertai penciptaanya. Berapa banyak anak kecil yang diciptakan memiliki sifat jujur, lemah lembut, dan murah hati. Terkadang jalan itu terwujud karena mencari, yang dilakukan dengan latihan , yaitu dengan membawa jika kepada amal-amal yang bisa mendatangkan sifat yang dimaksudkan. Siapa yang ingin memiliki sifat tawadhu;, maka dia harus memaksa dirinya bersikap seperti orang-orang lain yang tawadhu’. Begitula dengan sifat-sifat terpuji lainnya. Kebiasaan untuk itu akan membawa pengaruh yang sangat besar, seabagaimana orang yang ingin menjadi penulis, maka dia harus melatih dirinya dalam tulis menulis, jika ingin menjadi ahli fiqih, harus rajin berbuat seperti yang diperbuat ahli fiqih, hingga didalam hatinya tertanam sifat orang yang mendalami dan memahami ilmu. Tetapi harus diingat, dia tidak bisa mendapatkan pengaruh latihan itu dalam tempo sehari dua hari. Pengaruhnya akan tampak sekian lama, sebagaiman tinggi badan yang tidak bisa diperoleh hanya dengan latihan tempo sehari dua hari. Tetapi latihan secara kontinyu akan membawa pengaruh yang besar.
Memperhatikan sebab-sebab yang mendatangkan keutamaan juga berpengaruh terhadap jiwa serta dalam merubah tabiatnya, sebagaimana bermalas-malasan yang kemudian menjadi kebiasaan, hingga tidak ada kebaikan yang didapatkan.
Akhlak yang baik juga bisa didapatkan lewat pergaulan dengan orang-orang yang baik. Sebab tabi’at itu bisa diibaratkan pencuri, yang bbisa mencuri kebaikan dan keburukan. Hal ini dikuatkan dengan sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam, “seseorang itu berada pada agama teman karibnya. Maka hendaklah salah seorang diantara kalian melihat siapa yang menjadi temannya.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ahmad)
 (Mukhtasar Minhajul Qashidin : Ibnu Qudamah, hal185-187, (bag.1))

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...