GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 21 Januari 2010 | 01.55



Benarkah hantu itu ada?

menurut sejumlah ahli yang telah meneliti fenomena aneh tersebut dari tahun 70 an dan di akhir reportnya beliau mengatakn bahwa fenomena tersebut berasal dari dalam diri kita sendiri.
peristiwa dari penampakan misalnya kaset video berhantu ternyata hanya reel yang tak sengaja kusut lalu menyatu dan terproyeksi hingga menjadi gambar buram dan kadang-kadang nampak sosok-sosok yang aneh dan kita menganggapnya hantu.
perasaan yang kalut guga dapat berpengaruh pada kita contohnya saja seandainya leony(artist) di kasih balon dia akan kabur ketakutan seakan akan ia melihat makhluk mengerikan, begitu pula efeknya jika kita sedang sendirian dan melihat sesuatu yang aneh menurut kita lalu kita merasa takut.
kejadian yang tertangkap foto rupanya hanyalah doube expossure atau asap yang taksengaja terbentuk menyerupai makhluk asing.
namun, disisi lain di masyarakat indonesia mempercayai dan malah membuktikan sendiri adannya hal tersebut secara nyata bahkan telah menjadi dinamika hidup sehari hari, seperti esugihan tuyul atau babi ngepet.
dan yang lebih kuat, didalam Al Quran Allah mengakui bahwa makhluk halus itu benar-benar ada.

jadi apakah benar mereka ada?......*...,$

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Penanya

kalau anda adalah orang yang ber-tuhan dan/ atau ber-agama (sejauh yang saya tahu, mohon koreksi bila saya salah), rata- rata anda diwajibkan untuk percaya terhadap adanya hantu (ghost, spirit, roh), setan (devil, salah satu malaikat yang menentang tuhan itu), dan makhluk- makhluk halus lainnya, beserta penampakan dan fenomena yang dapat diakibatkannya, sebagai konsekuensi atas kepercayaan terhadap tuhan.
logikanya, kalau mau percaya terang, anda harus percaya gelap juga.

namun demikian, dari uraian pertanyaan anda, tampaknya anda skeptis dan ingin membahas hal ini secara logika.
saya pikir anda cukup bijak untuk menghubungkan foto- foto atau film- film yang dikatakan merupakan bukti adanya hantu, dengan kecenderungan manusia untuk melihat sesuatu yang ingin dilihatnya.
dalam dunia psikologi, fenomena ini dikenal sebagai pareidolia (http://en.wikipedia.org/wiki/Pareidolia)… dan dalam psikologi gestalt, sering dihubungkan dengan hukum 'closure' (http://en.wikipedia.org/wiki/Law_of_Clos…

anda juga benar bahwa foto2 atau video2 "hantu" itu biasanya merupakan kesalahan proses (misalnya double exposure), fenomena alami, fenomena psikologis tadi, betul- betul tipuan, misalnya pada kasus "cottingley fairies" pada tahun 1917 (http://en.wikipedia.org/wiki/Cottingley_… atau kombinasinya.

rasa takut juga bisa dipicu oleh medan magnet yang kuat, tetapi fenomena pada artis yang anda kemukakan, agaknya lebih mirip dengan phobia (http://en.wikipedia.org/wiki/Phobia).

mengenai tuyul (http://en.wikipedia.org/wiki/Tuyul), kuntilanak (http://en.wikipedia.org/wiki/Kuntilanak)… babi ngepet, dan sebagainya, mungkin saja ada, meskipun belum tentu seperti yang divisualkan di film2 atau gambar2, mungkin juga tidak. akan tetapi, karena mereka bukan makhluk halus (roh), maka saya rasa tidak ada relevansinya dengan agama.

jadi, mengenai foto/ video penampakan hantu/ makhluk halus, sebaiknya dikembalikan kepada kepercayaan agama/ spiritualitas masing- masing, sementara mengenai keberadaannya, saya rasa sudah saya ungkap di atas.
sementara itu, untuk makhluk mitologis seperti tuyul dan babi ngepet, boleh percaya boleh tidak (berguna untuk menakut- nakuti anak bandel).
yang jelas, untuk keduanya, kita tidak boleh memaksakan kehendak, apalagi kepercayaan.


demikian pendapat saya.
mohon maaf bila ada kata- kata saya di atas yang salah.
semoga berguna.

materi referensi:


0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...