GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mempersiapkan Bekal Sebelum Mati (Abu Bakar berpesan kepada putrinya Aisyah, “Lihatlah kedua pakaianku ini, cucilah keduanya dan kafankanlah aku dengannya. Sesungguhnya mereka yang hidup lebih utama menggunakan baju baru daripada yang sudah mayit.”)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 12 November 2016 | 17.06

Hidup kita sebagai manusia di dunia hanya sekejap mata, di mana selanjutnya kematian akan menghampiri setiap orang dari kita. Rasulullah SAW mengingatkan umatnya untuk selalu bersiap diri pada kematian. Selagi hayat masih dikandung badan, maka hendaklah kita memperbanyak ibadah, mentaati apa yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya, serta banyak-banyak beristighfar memohon ampunan-Nya atas segala dosa.

Diriwayatkan dari Syahr bin Husyab dia berkata, “Rasulullah SAW ditanya tentang beratnya kematian, Beliau Rasulullah SAW bersabda, “Kematian yang paling ringan adalah seperti bulu wol yang tercabut dari kulit domba.”

Dalam riwayat Imam Bukhari diceritakan, ketika ajal datang menghampiri, Beliau SAW berkata, “Sesungguhnya pada (setiap) kematian terdapat sekarat…” itulah sebabnya para sahabat Nabi mempersiapkan kematian dengan sangat sungguh-sungguh. Diriwayatkan, ketika menghadapi hari-hari kematiannya, Abu Bakar As-Shiddieq ra sering membaca surah Qaaf [50] ayat: 19.

Abu Bakar berpesan kepada putrinya Aisyah, “Lihatlah kedua pakaianku ini, cucilah keduanya dan kafankanlah aku dengannya. Sesungguhnya mereka yang hidup lebih utama menggunakan baju baru daripada yang sudah mayit.”

Ketika Umar bin Khattab RA ditusuk oleh seseorang, sahabatnya bernama Abdullah bin Abbas ra datang menjenguknya. Dia berkata, “Engkau telah masuk Islam saat orang-orang (lain) masih kafir. Dan engkau selalu berjihad bersama Rasulullah saat orang-orang lain malas. Saat Rasulullah SAW wafat dia sudah ridha denganmu.”

Umar kemudian berkata, “Ulangi ucapanmu!” maka diulang kepadanya. Dia kemudian berkata, “Celakalah orang yang tertipu dengan ucapan-ucapanmu itu.”

Setelah ditusuk oleh orang-orang yang memberontak hingga darah mengalir ke janggutnya, Utsman bin Affan ra berkata, “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzalim. Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dan pertolongan-Mu atas segala persoalanku dan aku memohon pada-Mu diberikan kesabaran atas ujian ini.”

Menjelang kematiannya, Ali bin Abi Thalib ra berkata, “Apa yang sudah dilakukan terhadap orang yang menusukku?” Mereka menjawab, “Kami telah menangkapnya.” Ali berkata, “Beri makan dan minum dia dengan makanan dan minumanku. Jika aku hidup, aku ingin melihatnya dengan mata kepalaku sendiri. Jika aku mati, maka pukullah ia sekali saja. Jangan kalian tambahkan sedikit pun.”

Ali kemudian berpesan kepada putranya Hasan ra agar memandikannya. Ia berkata, “Jangan berlebih-lebihan dalam mengafaniku. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ”Janganlah bermewah-mewahan dalam berkafan sebab yang demikian itu menghimpit dengan keras.”

Para sahabat tersebut mempersiapkan diri menjelang kematiannya. Karena itu, tak ada kata lain bagi kita untuk selalu bertobat memohon ampunan-Nya atas segala dosa yang kita perbuat.

Dikutip dari hikmah republika.

http://www.halhalal.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...