GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sisi Lain Politik: Saat TV Berita, Memberitakan Capres Dari Mitra Koalisi Juragannya

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 29 Mei 2014 | 18.48

Tak dapat dibantah lagi,televisi berita di negeri ini yang paling banyak dikenal adalah Metro Tv dan juga Tv One,kedua stasiun tivi ini memang begitu beradu cepat dalam menangkap berita,persaingan kedua stasiun tivi yang memiliki kesamaan segemen ini memang sudah lama memiliki aroma persaingan,dan kedua juragannya pun mempunyai partai yang berbeda,dalam pemberitaannya pun mereka kerap saling sindir,saling sentil,silih berganti dan ini merupakan warna unik dari jurnalisme layar kaca di bumi pertiwi.
Namun yang perlu di catat adalah persaingan menjelang pilpres,kita tidak usah susah payah merekam jejak pertarungan dua stasiun berita di masa masa yang telah lewat,kita tahu memang kedua stasiun berita ini telah lama bersing dalam segala hal.
http://d13s5ta1qg2cax.cloudfront.net/wp-content/uploads/tv-pilot.jpgKini media dengan bobot tv berita telah melakukan strategi head to head dalam ajang pilpres ini,dan seorang Kompasianer pun memotret persaingan ini dengan cerdas,iya dia adalah Kompasianer yang bernama Samandayu yang menuliskan postingannya dan menjadi trending artikel,sumber.
Tadi pagi pun ‘perang udara’ di antara TVOne dan Metro berlangsung dengan sengit,pagi pagi sekali Metro melakukan acara talkshow,pembahasannya pun jelas,keunggulan Jokowi dalam mengelola Jakarta selama hampir dua tahun masa baktinya di DKI Jakarta,selanjutnya bedah editorial pun memasukan unsur unsur berkaitan dengan black campaign dan sudah barang tentu pihak yang di dukung Metro,tak ada kendala di black campaign,karena mereka main cantik.
Namun di TVOne pagi ini pun ada talkshow tentang gestur capres,ada yang mendukung Prabowo dan ada juga yang menjadi pendukung Jokowi serta pengamat,dalam hal ini TVOne mungkin memilih berimbang,namun bukan berarti stasiun ini memiliki kenetralan,tidak juga,kita tahu bahwa TVOne lebih banyak meberitakan porsi Prabowo lebih dibanding capres Jokowi,ini bisa dimengerti karena bos mereka adalah Aburizal Bakrie yang menjadi mitra koalisi Prabowo.
Di titik ini kita bisa menyimpulkan juga,Metro TV pada akhirnya melabuhkan berita baik dengan porsi lebih ke capres Jokowi karena pemilik media adalah Surya Paloh yang berada di kubu moncong merah,di kutub lainnya TVOne pun sering memberitakan tentang hebatnya pasangan Prabowo-Hata Rajasa.
Lalu saya pun membuka buku dari acara Nangkring Kompasiana saat peluncuran buku Ahok Untuk Indonesia,buku yang ditulis oleh praktisi jurnalistik asal Surabaya,Sirikit Syah,di Bab II dengan  judul Pers dan Kepala Negara,ada sebuah artikel yang di tulis di halaman 75,sub judulnya adalah’Pengaruh Media dalam Pemilu’.Ini menjadi sebuah relevansi dengan pilpres kali ini.
Di artikel ini Sirikit Syah mengupas alam demokrasi Amerika Serikat dari kaca mata media televisi,dan juga mengapa media pun akhirnya berpihak,digambarkan bagaimana debat antara Josep Biden dengan Sarah Palin yang berdebat secara elegant tanpa harus mengupas’borok borok’lawan bicaranya,atau bagaimana keberpihakan Fox atau Oprah Winfrey dalam pemilihan presiden Amerika Serikat.
Artikel ini memang di rilis 4 Oktober 2008,namun tulisan Sirikit Syah mampu meneropong keberpihakan media walau kita berada di tahun 2014,inilah yang kita alami,mau tidak mau akhirnya kita tahu memang kedua TV berita ini memiliki keberpihakannya karena juragan mereka adalah mitra koalisi capres,dan untuk waktu hingga pilpres nanti kita akan mengalami berita keberpihakan dari tivi tivi ini karena sang juragannya adalah koalisi dari capres,ya sudahlah kita nonton dan tuliskan di Kompasiana saja.
http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2014/05/28/saat-tv-beritamemberitakan-capres-dari-mitra-koalisi-juragannya-658198.html

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...