GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Resep Tersukses Membuat Telur Dadar

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Agustus 2013 | 14.52



cara membuat telur dadar sederhana
Img Source : Ikafood.com


Telur merupakan bahan pangan yang sangat familiar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tidak hanya dapat langsung dikonsumsi, telur juga sering menjadi bahan tambahan bagi pembuatan aneka produk pangan. Di antaranya, kue dan roti, minuman kesehatan, adonan mie basah, dan kerupuk.Sebagai sumber protein telur sangat kaya akan gizi, bahkan kandungan gizinya khususnya asam amino lebih lengkap dibandingkan sumber hewani lainnya seperti ikan, ayam, daging, tempe, dan sebagainya. Selengkapnya, kandungan gizi telur terdiri dari 162 kcalkalori, 12,8 g protein, 11,5 g lemak, 0,7 g karbohidrat, 900 SI vitamin A, dan 0,10 mg tiamin. Dalam penggunaan sehari-hari, telur sering dijadikan lauk dengan menggorengnya secara langsung dengan beberapa tambahan bahan bumbu untuk meningkatkan cita rasanya. Telur goreng ini disebut dengan telur dadar atau omelette.Cara membuat telur dadar ini tidaklah susah atau rumit, asalkan memperhatikan waktu pemasakan dengan sedikit teknik-teknik sederhana maka kita dapat menghasilkan telur dadar dengan cita rasa yang enak.Disamping itu juga kita harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa bahan tambahan (bumbu) yang dibutuhkan untuk memasak.

Sebelum mempraktekkan cara membuat telur dadar, berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu:


  1. Bahan utama yaitu berupa telur, biasanya untuk membuat telur dadar banyak dari kita yang menggunakan telur ayam. Namun, menggunakan telur bebek atau itik untuk membuat telur dadar juga bisa dilakukan. Bahkan cita rasa telur bebek ini lebih enak dibandingkan telur ayam. Sebelum itu, sebaiknya gunakan telur yang masih dalam kondisi baik atau segar karena telur yang sudah lama biasanya akan mempengaruhi aroma dari telur dadar yang dihasilkan.
  2. Siapkan 1 tangkai irisan daun bawang, tetapi bila tidak ada dapat juga menggunakan irisan bawang merah.
  3. Siapkan 1 siung irisan bawang putih yang dicincang halus
  4. Setengah sedok garam.
  5. Setengah sendok bubuk lada putih
  6. Minyak goreng secukupnya
  7. Margarin atau mentega.
  8. Dua buah kemiri yang telah ditumbuk (optional)
  9. Penyedap rasa sebagai alternatif bila anda menginginkannya.
  10. Dalam membuat telur dadar, bisa ditambahkan dengan campuran bahan-bahan lain, seperti irisan wortel, daun kemangi, dan kol.

Setelah bahan-bahan tersebut disiapkan, berikut langkah atau cara membuat telur dadar:
  1. Pecahkan telur dan letakkan di dalam wadah atau mangkok.
  2. Kocok telur dan masukkan semua bahan-bahan tersebut di atas, selanjutnya telur di kocok kembali dengan perlahan-lahan sampai adonan tercampur merata.
  3. Panaskan minyak yang telah dimasukkan ke dalam wajan penggorengan. Minyakyang telah panas dan siap digunakan akan ditandai dengan munculnya sedikit asap.
  4. Masukkan sedikit margarin atau mentega ke dalam minyak untuk menambah cita rasa dari telur dadar nantinya.
  5. Tuang telur dadar dengan merata ke dalam minyak yang telah panas. 
  6. Kecilkan sedikit api pada kompor.
  7. Setelah agak mengeras sedikit telur dibolak-balik agar masak merata.
  8. Setelah mulai timbul sedikit warna kecoklatan pada kedua sisinya, menandakan bahwa telur telah masak dan dapat diangkat.
  9. Telur siap untuk disajikan

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...