GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mengenali Penyakit Khas dari Motor Matic

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 09 Agustus 2013 | 18.32

Blog bagindaery kali ini ingin berbagi cara dan tips seputar motor matic yang sedang banyak diminati warga Indonesia,tulisan ini saya dapat dari http://mymobiltips.blogspot.com/2012/05/penyakit-khas-motor-matic.html baiklah sekarang saatnya kita belajar melihat penyakit khas dari motor matic.
Bismilah ,Memang mengendarai motor matic seperti  HONDA VARIO, BEAT, SPACY, YAMAHA MIO, sangat mengasyikan, apalagi kalau berduaan sama pacar, tinggal gas dan rem, gak perlu nukar gigi yang bikin capek kaki.  Tapi jangan lupa melakukan perawatan  yang teratur, agar performa kendaraan matic anda semakin prima. Tentunya lambat laun akan muncul problem pada matic kesayangan anda, dan sebetulnya hal  ini wajar, karena komponen akan habis atau rusak seiring dengan waktu dan pemakaian.

Tapi sebagai langkah agar anda dapat meminimalisir kerusakan , agar tidak merambat pada komponen lainnya, alangkah baiknya jika anda mengenal sebab timbulnya problem, komponen mana yang rusak, dan  cara perbaikan pada matic anda,  di bawah ini beberapa masalah khas dari segi mesin pada matic
http://riderspersonal.files.wordpress.com/2012/06/sketsa-mesin-motor-bebek.gif 
                                  pic by: blog bagindaery
 
Akselerasi berat, bensin boros, asap knalpot kehitaman, karena Filter udara Kotor. Sesuai arti dari Filter udara yang berarti penyaring udara, perangkat ini berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke karburator atau injektor pada mesin, tentu jika part satu ini rusak (kotor) akan menghambat jalannya udara yang akan masuk ke karburator atau injektor pada mesin, gejala pada mesin jika Filter udara ini kotor hampir mirip dengan Belt CVT yang aus, karena gejalanya putaran motor matic pada putaran bawah, atau pelan terasa berat atau lambat. Dan juga akan menimbulkan gejala Knocking, dan akan membawa pengaruh juga pada busi, busi akan berwarana hitam, karena dengan berkurangnya aliran udara, maka campuran yang tercipta di dalam mesin, akan lebih banyak bensin dan sedikit udara. Makanya asap knalpot jadi hitam dan bensin jadi sedikit lebih boros.
Lari motor matic mberebet dan tidak mau langsam. Hal ini juga disebabkan dari part yang berada didekat Air filter, bisa dibilang part ini, sebagai jantungnya motor matic, karburator yang menerima aliran udara dari air filter juga dapat bermasalah, karena udara yang akan masuk ke karburator terlebih dahulu disaring melalui air filter, maka air filter wajib bersih. Karburator berfungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar yang akan dikirim ke dalam ruang bakar untuk dibakar, dialat ini diatur jumlah partikel bensin dan udara yang akan dibakar. Nah jika muncul gejala matic anda mberebet dan gak mau langsam, di sisnilah sumber masalahnya, biasanya kerusakan terjadi pada Piston skep yang bocor dan karet karbu vakum yang bocor, sobek atau terjepit. Dan juga bisa jadi spuyer tersumbat, problem ini mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak imbang. Nah untuk perbaikan ini anda bisa serahkan ke bengkel, karena bagi awam agak rumit.
Terdengar suara gemericik dan timbul suara ngeltik di mesin. Biasanya bunyi ini muncul atau terdengar di daerah mesin,, perhatikan jika suara ngelitik terdengar sering dan berasal dari depan atau sekitar mesin, sudah pasti kerenggangan klep harus distel ulang, bunyi ini menandakan celah klep sudah longgar,  sehingga muncul bunyi ngelitik tik,tik,tik… nah lain halnya jika muncul bunyi gemericik dalam tempo yang cepat, itu menandakan rumah roller aus atau rumah  as puli skunder oblak,  tapi jika suara gemericik timbul di mesin, menandakan rantai keteng/timming kendur atau minta diganti. Sekian dulu, insyaAllah akan ditambahkan mendeteksi problem matic yang berciri : Entakan pada rumah CVT, Lari matic selip, tapi tanpa mberebet, Matic mberbet,yang bersumbel dari pengapian, Timbul suara ngorok pada girboks.
Semoga artikel mengenai  Mendeteksi penyakit pada motor Matic ini dapat berguna dan membantu bagi anda, terimakasih wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...