GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mengungkap dan Membongkar Rahasia Kuis yang Sering Ada Di Televisi ( BENAR ATAU TIDAK )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 08 Agustus 2013 | 21.53

http://www.eatyourcareer.com/wp-content/uploads/2012/08/quiz.gif
                  pic from google by: bagindaery.blogspot.com
Semua sahabat bagindaery pasti sudah tidak asing lagi dengan acara-acara kuis yang sering ditayangkan distasiun televis,tapi tahukah anda benar atau tidak kuis tersebut,banyak yang beranggapan kalau acara-acara kuis itu hanya rekayasa atau apalah,daripada bingung mending kita bongkar bersama rahasia kuis yang sering ada dilayar kaca tv kita.
Kuis itu berasal dari bahasa Inggris, Quiz. Dalam kata benda (noun) bisa berarti sebagi ulangan atau ujian. Sedangkan kata kerja (verb) memeriksa atau menguji. Setiap acara yang ada ditelevisi tentu tidak bisa lepas dari yang namanya kuis.
Kuis yang ditawarkan cukup mudah, kita hanya diminta untuk menelepon ke nomor  yang mereka (host) sebutkan. Biasanya diminta mengucapkan password tertentu, yang sesuai dengan acara tersebut setelah telepon itu tersambung.
Mulailah Si Host acara tersebut menanyakan nama dan alamatnya. “Dengan bapak siapa dimana??…” setelah itu tiba-tiba muncul nama dari layar kaca televisi kita misalnya “Penelepon : Bpk. Udin - Jakarta…” Barulah kuis itu dimulai, dengan sebuah pertanyaan multiple choice (pilihan ganda) yang hanya menggunakan dua huruf A dan B.
Pertanyaan yang diajukan sangat mudah. Saking mudahnya, anak sekolah dasar (SD) juga bisa menjawabnya… saya yakin. Setelah jawabannya benar, Si Host mengatakan “selamat pak, anda mendapatkan uang sebesar 1jt rupiah… jangan lupa dipotong pajak..
Perasaan mudah banget dapetin uang? cukup telepon saja bisa dapat uang segitu gedenya.
Kerancuan dan Kejanggalan
  1. Nama penelepon yang ditampilkan terkesan aneh. Saya pernah melihat salah satu kuis, yang mana nama penelponnya muncul duluan.. padahal telpon belum masuk.. dan host juga belum dapat telpon masuk. janggal bukan??

  2. Pertanyaan yang mudah, kalau hadiahnya besar kok bisa tantangannya mudah banget sih..?? kenapa gak kayak dulu. Dulu si penelpon disuruh untuk menebak gambar, jika jawabannya salah ya tidak dapat hadiah.

  3. Potongan pajak. Sebetulnya berapa sih potongan pajaknya?? 25, 50 atau 75 persen??..

  4. Tarif telpon. Si penelepon dapat hadiah, sedangkan mereka dapat pemasukan dari mana?? apakah tarif telponnya yang dilipatkan atau bagaiamana??

  5. Jumlah Penelepon. Ada yang bilang, untuk bisa menelpon ke nomor yang disebutkan oleh Host itu sangat sulit. Karena tidak semuanya bisa, hanya berharap pada faktor keberuntungan..
                                           
Penjelasan:
untuk yang ‘nama lebih dulu muncul di layar’ itu sepertinya begini :
- kita telpon (biasanya masuknya juga susah buanget)
- diterima operator, ditanyain nama dan lokasi
- disuruh nunggu bentar
- disambungkan dengan studio/host
- nah, di situ kita dikasih pertanyaan
Nama penelpon muncul di layar atas info dari operator tadi.
Ini pengalaman ketika saya pernah nelpon pada talk show di TV. MUNGKIN untuk kuis sistemnya sama.



Menganalisis :
1.Nama penelepon sudah tercantum di layar televisi dulu sebelum pembawa acara menerima telpon. Karena penelpon memang tidak langsung terhubung dengan studio (hostnya), tetapi terhubung dulu dengan operator stasiun tv tersebut. Sama operator ditanya dulu nama, alamat, identitas pokoknya, lalu disuruh nunggu dihubungkan ke hostnya kalau momennya sudah tepat.
2.Kalau hadiah yang dimaksud dari sponsor, percaya saja bahwa pihak sponsor dan stasiun televisi telah memiliki hitungan sendiri tentang untung dan ruginya mereka bekerjasama dalam suatu acara. Dan sebuah perusahaan/produk memang punya budget besar untuk masalah iklan/sponsorship. Pengalaman saya, pernah mengajukan permohonan sponsorship ke suatu perusahaan, akhirnya kepanitiaan dapat fresh money 6 juta, timbal baliknya dari acara yang saya dan teman-teman buat apa? cuma minta logo perusahaannya ditempel di semua media acara plus nama perusahaannya disebutin terus selama acara. Easy money kan? Tapi kalo yang dimaksud hadiah dari hasil patungan para pengisi acaranya ya itu saya rasa sudah bukan urusan si stasiun televisi lagi.
3.Menurut aturan, potongan pajak hadiah itu sebesar 10% dari nilai hadiah.
4.Ini berhubungan dengan nomor 1. Mungkin ketika pembicaraan tanya-jawab kuisnya memang sebentar durasinya, tapi kan sebelumnya ditanya identitasnya dulu, disuruh nunggu (call waiting) sama operator, maka penggunaan pulsa/tarif telponnya kan semakin banyak. Dan ini cuma kecurigaan saya saja : yang bisa menelpon cuma nomor dari operator si pemberi sponsor. Misalnya acaranya disponsori Simpati, maka yang bisa menelpon cuma nomor-nomor telkomsel. Otomatis si operator seluler dapat pemasukan lebih. Tapi sekali lagi itu cuma kecurigaan saya saja.
5.Analisisnya sama kaya yang nomor 4. Tapi bisa juga karena terlalu banyak yang menelpon, crowded, jadilah susah masuknya.


Penjelasan Lain:
Utk kuis2 “normal” kyknya mekanisme nya sama kyk yg udh disebutkan di atas (call waiting), mengenai keuntungan tv ato sponsor jelas ada bgt
makin banyak hadiah yg dikasih maka makin banyak pemirsa yg tertarik maka makin banyak org yg tau ttg produk sponsor yg mana merupakan tujuan utama dari sponsorship
angka 1jt - 5jt tentu kecil dibanding dg biaya blocking acara
penelpon yg lantang mengucapkan password ya ga aneh lah, khan mrk tiap hari mantengin acara itu, jadi dah hapal mati ma kata per kata nya
utk kuis “abnormal” (yg biasa pake host seksi & tayang tengah malam) ini baru deh pake fake caller
tujuannya biar durasi kuisnya bisa lama & makin banyak orang yg daftar via sms premium

penjelasan diambil dari sumbernya dan disusun oleh: bagindaery.blogspot.com
artikel by: http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/07/20/mengungkap-misteri-kuis-di-acara-televisi-bener-gak-siih-578189.html


 

1 komentar:

Udhy mengatakan...

analisis agan ada juga betulnya, yang jelas gan dalam hubungannya dengan acara, sponsor ataupun stasiun Tv pastilah punya keuntungan masing2. semuanya berpatok pada kata benefit gan :)

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...