GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

10 Cara Berlebaran Ala Rasulullah ( Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada kita bagaimana sebaiknya kita merayakan hari raya untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT dan bergembira )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Agustus 2013 | 19.33

Assalamu’alaikum
Hari raya dinamakan dengan Id yang berarti berulang dari waktu ke waktu. Setiap umat tentu memiliki hari raya yang selalu mereka rayakan pada saat-saat tertentu. Demikian juga dengan umat islam, Allah telah memberikan kepada kita dua hari raya yang selalu kita rayakan setiap tahunnya, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.
http://masyariqulanwar.files.wordpress.com/2010/12/kisah.jpg
Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada kita bagaimana sebaiknya kita merayakan hari raya untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT dan bergembira.
Di antaranya:
1. Mengumandangkan takbir sejak matahari terbenam pada malam Idul Fitri sampai dilaksanakannya shalat Id, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat ibadah puasa yang telah kita jalankan selama sebulan.
2. Disunnahkan mandi lalu memakai pakaian yang bagus dan wangi-wangian sebagai tanda rasa syukur kepada Allah SWT, karena hari itu merupakan hari yang penuh kebahagiaan.
3. Melaksanakan shalat dua rakaat. Ibnu Abbas berkata: “Kami mengikuti shalat Id bersama Nabi SAW, Abu Bakar, Umar, dan Usman semuanya shalat sebelum khutbah…”
4. Disunnahkan pergi menuju lokasi sholat Id dengan berjalan kaki, karena Rasulullah tidak pernah pergi menuju lokasi shalat Id atau shalat jenazah dengan berkendara.
5. Sebaiknya shalat Id dilaksanakan di tanah lapang kecuali jika ada uzur seperti karena hujan.
6. Kaum wanita dan anak-anak dianjurkan pergi ke tempat diselenggarakannya shalat Id baik gadis, orang tua, dan wanita yang haid. Bagi wanita haid agar menjauh dari lokasi shalat dan ikut mengumandangkan takbir bersama serta mengharap berkah hari itu (HR. bukhari).
7. Disunnahkan menyantap makanan sebelum pergi shalat Idul Fitri dan setelah shalat idul Adha.
8. Disunnahkan pergi dan pulang pada shalat Id melalui jalan yang berbeda.
9. Khutbah Idul Fitri dan Idul Adha dilakukan setelah shalat dengan dua kali khutbah.
10. Diperbolehkan mengucapkan selamat hari raya. Ibnu Hajar berkata: “Kami meriwayatkan dalam Al-Mahamaliyah dengan isnad yang baik dari Jubair bin Nafir: “Para sahabat Rasulullah jika bertemu saling mengucapkan kalimat: “Taqabbalallahu minna waminkum”, semoga Allah menerima ibadah kita”.
Semoga Bermanfaat
Terimakasih
Wassalamu’alaikum

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...