GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

CERPEN SPESIAL HIBURAN= Menghargai Diriku Sendiri

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 04 Agustus 2013 | 19.55

http://khairunnisarofifah.files.wordpress.com/2012/11/rain.png?w=300&h=199 
Orang mengatakan bahwa jatuh cinta adalah hal paling indah yang pernah dialami oleh seseorang. Ketika seseorang merasakan yang namanya jatuh cinta, semua terasa begitu indah. Seseorang lebih suka tersenyum dan berimajinasi. Pikiran juga mulai terpusat hanya kepada satu orang. Ya, orang yang dicintai. Rasa penasaran juga mulai timbul, atau yang untuk saat ini kita sebut sebagai ‘kepo’. Semenjak jatuh cinta, seseorang juga mulai senang untuk mendengarkan lagu-lagu cinta khususnya lagu-lagu yang romantis.
Namun semua berbalik ketika seseorang mengalami patah hati (broken heart). Dunia yang dijalani terasa begitu suram. Hanya kesedihan yang dirasakan. Semangat pun mulai berkurang. Playlist yang dulunya berisi lagu-lagu bahagia berubah menjadi lagu-lagu galau. Padahal, lagu-lagu sedih yang didengarkan hanya akan membuat keadaan semakin terpuruk. Namun masih banyak orang yang suka terbawa suasana oleh lagu-lagu tersebut.
Sadar atau tidak, lagu-lagu sedih yang sering didengarkan ditambah dengan lirik lagu yang tidak menimbulkan semangat hanya akan memperburuk suasana. Salah satu contoh lirik lagu yang sebenarnya hanya akan menambah buruk suasana adalah ‘I’m nothing without you.’ Lirik ini berarti bahwa seseorang yang hidup tanpa orang yang dicintai hanya akan menjadi orang yang tidak berguna. Dimana hal ini disebabkan karena  orang yang ia cintai telah pergi meninggalkannya.
Terkadang, kita perlu memilih-milih lagu yang baik sebelum hendak mendengarkannya. Bukan hanya enak untuk didengar, namun kita juga harus memperhatikan lirik dari lagu itu sendiri. Apalagi jika kita mengerti bahasanya, pastinya kita akan tahu isi lirik lagu tersebut. Seseorang akan susah bangkit dari kesedihannya jika secara terus-menerus mendengarkan lagu-lagu bernuansa sedih ditambah dengan mendalami liriknya. Sesungguhnya, hal inilah yang harus dihindari karena hanya akan menambah beban pikiran seseorang.
Sebenarnya, banyak dari kita yang telah mengetahui bahwa mendengarkan lagu-lagu galau ditambah dengan berharap dan memikirkan seseorang yang belum tentu menjadi milik kita hanyalah suatu bentuk kesia-siaan. Dimana waktu kita terbuang hanya untuk memikirkan dan menantikan seseorang yang tak pasti. Namun masih saja banyak dari kita yang lebih memilih melakukan tindakan seperti itu dibandingkan melakukan kegiatan positif lainnya. Mengapa? Karena kita lebih menghargai orang lain dibandingkan menghargai diri sendiri. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh menghargai orang lain. Maksud saya di sini adalah, belajarlah untuk menjadi orang yang cerdas. Jangan menjadi bodoh hanya karena disebabkan oleh satu orang yang belum tentu adalah jodoh kita.
Patah hati adalah salah satu hal yang menyakitkan. Namun cobalah untuk bersikap dewasa. Jangan hanya karena satu orang, anda mengorbankan orang-orang yang perhatian dengan anda. Jangan juga karena orang yang tak pasti, anda menyiksa diri anda sendiri dengan melarutkan diri anda dalam keadaan sedih. Belajarlah untuk menghargai diri anda sendiri. Percayalah dengan yang namanya ‘jodoh tak akan kemana’. Tuhan telah menyiapkan seseorang spesial yang akan mengisi kehidupan anda suatu saat nanti. Semua yang telah anda alami hanyalah sebuah proses yang harus anda jalani. Karena saya yakin, anda sendiri sudah tau bahwa tidak ada kebahagiaan yang dicapai dengan jalan yang mulus.
Cobalah untuk menghargai diri anda sendiri. Jangan biarkan diri anda tersakiti hanya karena memikirkan dan mengharapkan orang yang belum tentu masuk lagi dalam kehidupan anda. Menghargai diri sendiri itu penting untuk mencapai apa yang menjadi tujuan dalam hidup kita. Jika kita tidak pernah menghargai bahkan tidak ingin memaafkan diri sendiri ketika berbuat salah, maka proses menuju kesuksesan dan kebahagiaan akan semakin sulit dicapai. Bagaimana bisa seseorang merasa bahagia jika tidak pernah menghargai diri sendiri?
Mendengarkan lagu-lagu yang bernuansa sedih bukanlah menjadi suatu hal yang fatal jika seseorang tidak larut dalam kesedihan itu. Maka dari itu, pengendalian diri merupakan hal yang sangat penting. Lebih mendekatkan diri pada Tuhan merupakan salah satu cara paling tepat yang dapat kita lakukan. Orang yang percaya akan adanya Tuhan pasti akan selalu meminta jawaban atas masalah yang sedang dihadapinya. Sebagai tambahan, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu yang dapat membangkitkan semangat anda. Bahkan jika anda tidak mengerti lirik lagunya (karena bahasa asing), itu akan lebih baik dibandingkan mendengarkan lagu dengan lirik lagu dan nada yang hanya bisa menjatuhkan semangat. Satu hla lagi yang perlu dilakukan adalah dengan selalu menanamkan kata-kata positif dalam hidup anda. Kekuatan dari sebuah kata itu juga besar kuasanya jika kita menanamkannya dalam hati. Maka dari itu, tanamkanlah kata-kata positif dalam diri anda untuk memberikan energi positif dalam kehidupan anda.
Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang wajib anda tanyakan pada diri anda sendiri. Jika sebagian bahkan semua pertanyaan mengandung jawaban ‘tidak (tidak tahu)’, maka mulai saat ini anda harus benar-benar belajar untuk menghargai diri anda sendiri.
1. Anda mencintainya. Apakah dia mencintai anda?
2. Anda memikirkannya. Apakah dia memikirkan anda?
3. Anda menyimpan fotonya. Apakah dia menyimpan foto anda?
4. Anda mengingat ulang tahunnya. Apakah dia mengingat ulang tahun anda?
5. Anda meneteskan air mata untuknya. Apakah dia meneteskan air mata untuk anda?
6. Anda kehilangan nafsu makan dan menjadi lemas. Apakah dia juga akan kehilangan nafsu makan sama seperti anda?
7. Anda selalu berusaha untuk mencari perhatiannya. Apakah dia akan memperhatikan anda?
8. Anda selalu mencari-cari informasi tentang dia. Apakah dia juga mencari informasi tentang anda?
Di bawah ini adalah sebuah ilustrasi yang pastinya juga terjadi di dunia nyata:
A mengalami patah hati sehingga kehilangan semangat. Hal ini membuat pikirannya tertekan, merasa tak berdaya, dan tidak menjadi orang yang produktif. Setiap hari, ia selalu membuka Twitter B, orang yang ia cintai, namun hatinya semakin sakit ketika membaca tweet-tweetnya. Sudah merasakan sakit, hal itu masih saja ia ulangi. Orang ini juga masih menyimpan semua kenangannya bersama si B. Padahal, si B sudah menghapus semua kenangan indahnya bersama A. A selalu membiarkan dirinya larut dalam kesedihan dengan mendengarkan lagu-lagu galau. Di sisi lain, B dengan asyiknya mendengarkan lagu-lagu yang bisa membuat suasana hatinya bahagia. Semakin hari, badan A semakin kurus karena tidak nafsu makan. Sedangkan di sisi lain, si B bisa makan dengan lahapnya.
Berhentilah untuk menjadi orang yang terlalu kepo (selalu ingin tahu) untuk hal-hal yang bisa membuat pikiran anda tidak sehat. Hal itu hanya akan membuat hati anda semakin sakit. Diri anda itu berharga. Anda memiliki talenta yang wajib untuk dikembangkan. Untuk apa menantikan orang yang tak pasti tanpa melakukan sesuatu? Jalanilah kehidupan ini dengan bahagia. Lakukanlah hal-hal positif yang dapat mengisi hari-hari anda. Semua orang berhak untuk bahagia. Kebahagiaan seseorang dilihat dari bagaimana orang tersebut memperjuangkannya. Hanya orang bodoh yang tega membuat dirinya sendiri larut dalam kesedihan dan menunggu belas kasihan. Ingat, hargailah dirimu sendiri!
by: http://us.mjeducation.co/menghargai-diriku-sendiri/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...