GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

AGAR BISA LEPAS DARI KECANDUAN= 5 Langkah Efektif Agar Tidak Kecanduan Sesuatu

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 01 September 2013 | 15.46

by: http://www.iprasblog.com/5-langkah-efektif-agar-tidak-kecanduan-sesuatu/1125
Tiap orang tentunya punya pandangan masing-masing ketika sudah kecanduan sesuatu, meskipun yang dicandunya itu adalah sesuatu yang mungkin saja bisa merusak masa depannya, tapi jika sudah memiliki cara pandang sendiri maka menjadi kecanduan pun bukan lagi sebagai pilihan, tapi itu justru sudah seperti suatu kebutuhan.
http://gathotnovin.com/wp-content/uploads/2012/08/Cara-Mengatasi-Kecanduan-Game.jpg
Tips Menghentikan Kecanduan Sesuatu

Tidak hanya kecanduan narkoba saja yang bisa mempengaruhi kaum muda sekarang, tapi masih ada banyak hal yang bisa saja membuat seseorang menjadi pecandu terhadap sesuatu. Seperti misalnya kecanduan game online, kecanduan anime, kecanduan menulis, atau mungkin bisa juga blog IprasBlog.com ini membuat banyak orang jadi kecanduan membaca artikel di sini hehe… :D

Selain itu, dulu saya sebenernya juga merupakan tipe orang yang mudah kecanduan terhadap sesuatu, apalagi jika itu adalah game dan anime, maka sampai sekarang pun saya tetap mudah sekali untuk terpengaruh olehnya. Meski begitu, sekarang saya sudah menemukan beberapa langkah efektif agar saya tidak lagi kecanduan sesuatu, seperti misalnya game dan anime tadi.

Apa saja 5 langkah efektif supaya tidak kecanduan itu?

1. Mengenali Diri Sendiri

Jika kita sudah bisa mengenali diri kita sendiri, maka akan lebih mudah pula bagi kita untuk bisa menentukan apa yang perlu kita lakukan supaya diri kita merasa lebih baik. Seperti kita jadi lebih bisa mendisiplinkan atau mengatur kehidupan kita sendiri, karena jika kita tidak mampu mengenali kebutuhan kita sendiri maka akan sangat mudah juga diri kita untuk terbawa ke mana-mana, seperti kecanduan sesuatu itu.

2. Kendalikan Pola Pikir

Bagi saya pola pikir merupakan segalanya dalam penentuan bisa atau tidaknya kita meraih sesuatu di masa depan, karena apa? Karena dari pola pikir itu sendirilah sehingga kita bisa memunculkan niat dalam diri untuk melakukan sesuatu meski pada awalnya kita sama sekali tidak ingin melakukannya. Sehingga jika kita mampu mengendalikan pola pikir kita supaya tidak kecanduan sesuatu, maka kita pun bisa mengusahakannya.

3. Miliki Tujuan

Bisa dibilang kalau tujuan itu merupakan sumber motivasi kita untuk bisa melakukan sesuatu, karena dari tujuan itu kita jadi tahu kemana dan bagaimana kita harus bertindak. Jika seandainya kita tidak memiliki tujuan maka akan sulit bagi kita untuk menunjukkan aksi kita. Sehingga dengan memiliki tujuan yaitu ke mana kita perlu bertindak dalam usaha menghindari kecanduan sesuatu, maka kita sudah siap untuk mewujudkannya.

4. Lihat Dunia Lain

Masih ada begitu banyak hal di dunia ini yang pastinya belum pernah kita alami, sehingga jika kita mau untuk melihat dunia lain selain dunia yang kita candui itu, maka akan lebih ada lebih banyak kesempatan bagi kita untuk segera meninggalkan dunia yang sekarang kita candui, karena mungkin saja dari dunia lain itu ada hal yang lebih menarik untuk kita jelajahi lebih jauh.

5. Ketahui Berbagai Manfaat dan Dampaknya

Ini yang mungkin terkadang bagi kebanyakan pecandu sering dilupakan, mereka biasanya hanya terfokus pada kepuasan sendiri saja, tidak terlalu memperhatikan efek samping yang ditimbulkan. Dengan kita mengenali manfaat dan dampak yang ditimbulkan, maka kita bisa mengambil langkah pasti apakah akan melanjutkannya sebagai kegiatan yang berguna, ataukah segera menghentikannya karena hanya akan menimbulkan efek negatif? Sehingga penting bagi kita untuk mengenali kegiatan kita lebih jauh.

Masih ada banyak langkah-langkah efektif yang bisa kita lakukan agar kita bisa terhindar dari kecanduan sesuatu, tetapi itu beberapa sedikit dari pengalaman saya akhir-akhir ini, karena beberapa waktu terakhir ini saya sedang disibukkan oleh Tugas Praktek yang disertai kecanduan game online dan anime. Tapi dari 5 langkah efektif itu, saya jadi bisa mengontrol aktivitas saya. Lalu bagaimanakah dengan langkah-langkah Anda supaya tidak lagi kecanduan sesuatu? :)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...