GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

ARTIKEL SPESIAL GATAL PADA KULIT= Penyakit Gatal Pada Kulit

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 06 September 2013 | 14.21

by: http://macammacampenyakit.com/penyakit-gatal-pada-kulit/

Penyakit Gatal Pada Berbagai Daerah Kulit

http://zalfacosmetic.com/wp-content/uploads/2013/06/cara-mengatasi-gatal.jpg
Penyakit gatal disebut juga sebagai Pruritus adalah perasaan yang timbul secara otomatis yang membuat seseorang secara spontan ingin menggaruk. Namun tindakan penggarukan itu sendiri dapat mengakibatkan sesuatu yang lebih parah lagi yakni munculnya warna kemerahan pada kulit dan goresan. Bahkan tidak jarang rasa gatal pun semakin bertambah karena terjadi iritasi pada kulit. Memang serba salah, jika tidak digaruk maka rasa gatal mendesak seseorang untuk melakukan penggarukan, sementara jika digaruk akan menyebabkan iritasi dan rasa ingin menggaruk semakin kuat.

Penyebab Penyakit Gatal

Penyakit gatal disebabkan oleh berbagai hal dan sebenarnya lebih cocok untuk disebut sebagai gejala dari suatu penyakit, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Infestasi Parasit Scabies Pediculosis : Gatal ini disebabkan oleh parasit dan menyebabkan rasa gatal khususnya pada malam hari, oleh karenanya tidak jarang penderita akan melakukan penggarukan bahkan secara tidak sadar. Penyakit kulit  ini bisa menular kepada satu sama lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktor higiene dan berganti pasangan seksual sangat menentukan timbul atau tidaknya penyakit ini.
  2. Kaligata / biduran : Kaligata disebut juga biduran, dalam bahasa Medis disebut sebagai urtikaria. Penyakit ini timbul karena adanya reaksi berlebihan terhadap kondisi luar yang kurang baik seperti debu, udara, makanan dan minuman, angin dan sebagainya. Ditambah lagi kondisi fisiknya memang tidak baik.
  3. Dermatitis : Dermatitis merupakan alergi kulit. Alergi pada kulit ini sendiri dibagi menjadi 3 kategori:
  • Dermatitis Atopik : Alergi kulit ini biasanya terjadi pada anak-anak dan dibawa hingga dewasa. Alergi berupa serpih dan lepuhan kecil berwarna merah. Karena sering digaruk karena gatal maka akan terbentuk area alergi kulit yang rusak.
  • Dermatitis kontak : Alergi ini disebabkan oleh reaksi terhadap zat tertentu karena kontak kulit. Tanda-tandanya hampir mirip dengan dermatitis atopik dan biasanya terjadi pada bagian tangan, kaki, kelopak mata dan leher.
  • Dermatitis alergika : Rasa gatal yang disebabkan oleh karena adanya reaksi alergi terhadap benda-benda atau zat tertentu.
Tidak hanya karena penyebab di atas, beberapa rasa gatal bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya seperti gigitan serangga yang menyebabkan pembengkakan. Biang keringat pun dapat menyebabkan gatal dan merupakan yang paling umum. Karena kelenjar keringat mengalami penyumbatan apakah akibat debu, udara lembap dan keringan maka akan muncul bintik putih yang gatal.

Penanganan Penyakit Gatal

Untuk mengobati penyakit gatal-gatal tersebut maka perlu diketahui lebih dahulu penyebabnya. Pada kulit yang meradang bisa diberikan lotion atau krim yang menghilangkan rasa gatal. Sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan dan mendapatkan obat terbaik. Nah, sementara diobati atau untuk melakukan tindakan pencegahan mutlak diperlukan agar tidak terjadi gatal-gatal kembali, antara lain:
  1. Menjaga kebersihan kulit dengan setidaknya mandi dua kali sehari.
  2. Menjaga kulit agar tidak lembap.
  3. Hindari kontak langsung maupun tidak langsung dengan penderita yang mengalami gatal-gatal yang bisa menular.
  4. Tidak mengonsumsi makanan atau obat-obatan yang bisa memicu alergi dan gatal.
  5. Menghindari penyebab alergi.
Memang sulit untuk tidak menggaruk bagian yang terkena penyakit gatal, namun dengan memberikan obat yang tepat dan lebih bersabar maka hasilnya pun akan lebih baik. Tindakan penggarukan mungkin akan memberikan rasa lega sementara waktu, namun akan menyebabkan iritasi yang lebih parah. Tidak jarang juga bagian kulit yang terkena gatal akan mengalami peradangan dan menimbulkan bekas. Tentu Anda tidak mau punya bekas-bekas pada kulit yang mengganggu penampilan, bukan?

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...