GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Manusia dilahirkan dalam kejadian asal yang suci dan bersih (Fitrah) - Makna Hari Raya Idul Fitri -

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Agustus 2013 | 12.25

http://humasbatam.com/wp-content/uploads/2009/04/wako-silaturahmi-dengan-masyarakat.jpg 
Manusia dilahirkan dalam kejadian asal yang suci dan bersih (Fitrah), sehingga bersifat hanif (secara alami memiliki kecenderungan mencari yang baik dan benar). Implikasi yang seharusnya terjadi, tatkala kita mengarahkan pandangan  kepada kebenaran dan kebaikan, seharusnya menjadi hal yang mudah, alami dan natural, karena tidak berlawanan dengan ‘jati diri’ manusia. Perilaku manusia seringkali malah sebaliknya, kecenderungan mengarah pada kejahatan, keburukan dan kepalsuan justru lebih dominan.
Tatkala melakukan suatu kejahatan dan kepalsuan (dosa) yang berlawanan dengan ‘jati diri’, maka hati menjadi tidak tentram. Pada saat yang sama kita juga telah memasukkan sumber kesengsaraan batin, terkadang merembet pada kesengsaraan lahir (psikosomatik). Dosa membuat hati dan jiwa menjadi gelap, lalu kehilangan kesanggupan menangkap kebenaran dan kebaikan. Terlalu banyak dosa akan mematikan cahaya hati (hati nurani), lalu berubah menjadi jiwa-jiwa yang gelap. Inilah yang sesungguhnya menjadi pangkal kesengsaraan lahir dan batin.
Di bulan ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan ini, Tuhan berbaik hati memberikan kesempatan kepada kita untuk mensucikan diri dari dosa-dosa. Tentu dengan asumsi kita menjalankan puasa dengan sepenuh hati dan setulus jiwa (imanan wa ihtisaban).
Makna ‘Îd al-Fithr (Idul Fitri) adalah  perayaan bersihnya diri kita dari dosa-dosa kepada Allah (berkat taubat di bulan ramadhan), kita melengkapinya dengan saling memaafkan, saat itulah kita kembali kepada Fitrah manusia yang suci.
“Ja ‘alanâ Allâhu min al-‘â’idîn wa al-fâizîn wa al-maqbûlîn” Semoga Allah menjadikan kita semua kembali ke Fitrah, menang melawan dosa kita sendiri, diterima amal ibadah kita dan mengucapkan “Mohon maaf lahir dan batin”.
by: http://sosbud.kompasiana.com/2012/08/18/makna-hari-raya-idul-fitri-486531.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...