GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Cara Agar Blog Banyak Pengunjung dan Semakin Terkenal

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Agustus 2013 | 16.07

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWbKF-ajyRxMm1FNDJp23T4xzNyw_16SOlzpTVjZG-N8Hcx7sLXByTriCyj_j6DQ_CL-JP7f57p1jQrXcwdPf1vJ9RylQAMIcWArs-0ovDYd7FCRFsTYYcOUVeBoHVcSXukfaPDwQ2ka8/s1600/traffic+blog.jpg 
Pada saat pertama kali menjadi blogger dan belajar membuat blog, hal yang pertama kali kita alami adalah bingung tentang bagaimana cara-cara untuk membenahi blog, itu adalah hal yang wajar, karena tentunya semua blogger mengalami hal yang serupa seperti halnya saya, waktu itu saya belum tahu cara membuat postingan baru apalagi memasang widget dan pernak-pernik lainya. Namun, itulah hal yang paling berkesan dalam dunia blogging, karena dengan proses dalam jangka waktu yang kita jalani, seiring dengan keingin tahuan kita akan dunia blog lebih jauh, dengan sendirinya akan menghasilkan pembelajaran yang membuat kita mengerti apa itu arti sebuah blog.
Kembali pada topik kita sebelumnya, kali ini saya akan mengungkapkan beberapa tips agar blog kita ramai akan visitor dan komentar. Sebenarnya tanpa kita sadari sahabat blogger, sumber traffik dan kunjungan blog terbesar kita adalah bersumber dari mesin pencari seperti Google, dkk. Karena banyak orang menganggap bahwa search engine akan memudahkan mereka dalam mencari apa yang mereka inginkan di internet, maka karena itu tentunya sangat penting sekali untuk kita memaksimalkan SEO yang kita punya, tetapi selain SEO banyak juga pakar blogging mengatakan bahwasanya template dan SEO adalah opsi kedua, yang paling utama dan primer adalah konten yang bagus serta dapat bermanfaat bagi pembacanya, bukanya konten 'bagus' untuk mengelabui 'robot' search engine agar berada di hasil result paling atas.
Diluar itu semua, seperti yang saya bilang tadi, konten merupakan faktor primer yang paling mendasar dari sebuah blog, memang blog akan terlihat lebih cantik jika di hiasi dengan pernak-pernik dan template yang bagus, namun search engine sebenarnya tidak membutuhkan itu semua, yang dibutuhkan robot mesin pencari hanyalah konten yang bagus dan murni, mereka tidak mempedulikan tampilan blog kita bagus ataupun jelek, karena itulah mengapa konten menjadi hal no.1 dalam kita membangun sebuah blog.
Baik, kali ini saya akan membahas secara merinci mengenai cara-cara atau tips agar blog kita ramai pengunjung dan banyak yang meninggalkan jejak/komentar:

  • Konten, hanya mengulang saja, faktor ini jadikanlah power blog anda untuk terus maju, jangan pedulikan tampilan atau 'kecantikan' blog, konsisten saja dengan rutin menulis artikel yang bermanfaat bagi pembaca dan menarik untuk disimak, karena itulah yang sebenarnya dibutuhkan dalam mendatangkan traffik dan kunjungan, karena dengan kita memakai template 'default' dari blogger sekalipun, jika kita rutin menulis artikel yang bagus, robot-robot mesin pencari akan menyukai blog kita.
  • Backlink, backlink dalam bahasa indonesia artinya adalah link balik atau menautkan link kearah blog kita. Sebenarnya, tanpa kita sadari, faktor ini 'cukup' mempengaruhi kekuatan hasil result blog kita di mesin pencari, namun dalam membangun backlink ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, carilah backlink dari situs yang berkualitas dengan PR tinggi dan cukup terkenal (tenar), semakin tinggi  kualitas situs yang memberikan kita backlink akan semakin bagus, karena secara tidak langsung robot search engine akan cepat mengetahui keberadaan blog kita dan 'men-capnya' dengan reputasi bagus karena terhubung dengan banyak situs berkualitas. Selain itu, sekarang saya akan memberikan trik yang cukup bagus untuk mendapatkan backlink berkualitas, yaitu dengan berkomentar di blog dengan platform bravejournal, seperti misalnya namadomain.bravejournal.com, yang diakhiri dengan .bravejournal.com, seperti layaknya blogspot. Platform bravejournal ini adalah platform dari negri ginseng Korea, dan hampir semua blog bravejournal adalah dofollow, jadi kita akan semakin mudah untuk menanamkan backlink di blog berkualitas tanpa harus membeli link 'pay-links'.
  • SEO, bicara tentang seo mungkin sahabat blogger sudah pada tahu kan? SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah optimasi search engine. Dalam meng-improve seo, banyak sekali faktor yang akan mempengaruhinya, seperti struktur template yang baik dan tidak banyak errornya (cek error blog : http://validator.w3.org/), struktur meta tag yang baik dan 'tidak' membingungkan robot dalam meng-indeks artikel, bisa dibaca dipostingan sebelumnya Meta Tag SEO Terbaik Versi Farhan Share. Seperti tadi yang kita bahas mengenai struktur template yang baik, pakailah template yang seo friendly, tampilan sederhana nan menarik, dan easy loading, jadi pengunjung maupun robot akan semakin menyukai blog kita dengan tampilan yang sederhana, tidak berat loading page-nya, dan mencakup seluruh faktor seo kode HTML, seperti penggunaan tag H4, H5, dan H6, untuk template seo bisa download di mastemplate.com
  • Direktori dan Social Bookmark, mungkin faktor ini hanya 'sedikit' berbeda atau hampir mirip dengan membangun backlink. Sekarang ini di Internet banyak sekali bertebaran situs-situs social bookmarking dan direktori blog dengan PR tinggi, jadi kita bisa memanfaatkan hal ini untuk sekedar 'menitipkan' backlink yang menuju ke blog kita, karena memang itulah tujuan dari direktori dan social bookmarking dibuat. Selain itu, kegunaan dari social bookmark adalah untuk mendongkrak posisi peringkat artikel kita dengan bantuan situs mereka, jadi dari tautan yang ada di situs bookmark akan langsung terhubung dengan alamat url artikel kita, jadi ini juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk mendatangkan pengunjung blog. Sebenarnya sederhana sekali penggunaanya anda cukup men-submit url artikel anda ke situs social bookmark dan mesin pencari akan 'lebih' cepat meng-indeksnya, karena mereka memiliki PR yang tinggi. Beberapa situs direktori maupun social bookmark yang saya rekomendasikan adalah, antara lain : Lintas.me, Infogue.com, jaditerkenal.com, hasbenyou.com, dan Digg.com. Dan direktori yang lainya adalah Dmoz.org, situs ini memiliki pagerank 7-8 (sangat bagus), namun tidak mudah blog kita untuk masuk ke direktori tersebut, karena banyak persyaratan yang harus kita penuhi, meskipun begitu tak ada salahnyakan mencoba? silahkan langsung mendaftar di situs Dmoz.org.
  • Submit Artikel ke Google Add URL dan Ping Blog, Nah, ini dia ritual yang biasa saya lakukan setiap kali selesai membuat artikel, yaitu mensubmitnya ke Google Add URL, cara-nya juga sangat mudah dan praktis, kita tinggal memasukan url dari artikel blog kita lalu memasukan captcha dan klik 'kirim permintaan', secara otomatis link artikel kita tersebut akan masuk di waiting list dan tentunya akan semakin memudahkan robot untuk mengindeksnya di mesin pencari. Situsnya bisa anda kunjungi di Google.com/addurl. Kalau untuk ping blog caranya mudah sekali anda submit url artikel anda di googleping.com.
  • Promosi Blog, dalam hal promosi blog sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari memasang iklan di blog teman, memasang link, men-submit blog ke direktori, blogwalking ke blog-blog sahabat dan meninggalkan komentar (jangan spam), membuat stiker dan menempelnya di berbagai tempat (jangan mengotori), membuat kontes SEO (agar banyak yang tahu tentang blog kita dan mendapat backlink dari peserta kontes), membagikan kaos dengan tulisan blog kita, share di forum-forum (ex. kaskus), membuat video tutorial dengan credit link blog kita (youtube), membuat tutorial pdf dengan credit link blog kita, membuat software free dengan credit link blog kita, dan masih banyak lagi yang lainya.
  • Sitemap, dan ini dia yang terkahir, yaitu Submit Sitemap blog ke Webmaster, namun yang akan saya gunakan kali ini adalah Webmaster Google, karena sampai sekarang ini Google-lah yang mendominasi pasar search engine jika dibandingkan search engine lainya seperti Yahoo!, Bing, dan Baiddu. Sitemap adalah sebuah halaman yang berisikan seluruh daftar isi dari blog kita dalam format .xml yang dapat memudahkan search engine untuk menemukan dan meng-indeks artikel blog kita. 
Mungkin saya kira cukup 7 saja, jika sahabat blogger berhasil memaksimalkanya insya Allah blog anda akan bisa ramai oleh pengunjung, pesan yang saya ingin sampaikan dalam nge-blog satu saja, yaitu jangan pernah berhenti untuk membuat inovasi dan artikel yang dapat bermanfaat bagi sesama, untuk anda yang ingin konsultasi mengenai masalah blog bisa menghubungi saya di alamat e-mail muhammad.farhan.mf@gmail.com.
Demikian informasi tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung dan Komentar, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Happy Blogging...
by: http://www.tuliskan.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...