GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

( ARTIKEL SPESIAL KHAS INDONESIA ) Makanan asli Indonesia 100% yang mendunia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 06 Agustus 2013 | 17.55

Indonesia dengan beragam suku budaya memiliki kekayaan budaya yang tak bisa diremehkan oleh negara lain. Salah satu contoh ragam budayanya adalah kenaekaragaman makanannya. Saat ini beragam makanan Indonesia terkenal seantero dunia. Bahkan juga dinikmati oleh bangsa bangsa lain. Apa saja makanan asli Indonesia yang mendunia?. Berikut daftar 7 makanan tersebut :
Gado-Gado
gado-gado
Gado-gado merupakan makanan khas nusantara yang terdiri dari berbagai sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu seperti kol, kecambah/ tauge, timun, sawi, daun ketela. Ditambah dengan bumbu dari kacang tanah yang telah dihaluskan disertai irisan telur, tahu dan lontong. Diatasnya ditaburi bawang merah menambah rasa gurih pada sajian ini. Biasnya gado gado dilengkapi dengan kerupuk atau emping. Gado- gado pernah menjadi juara saat festival makanan Internasional.
Sate (Satay)
sate
Sate merupakan lauk khas indonesia yang terdiri dari potongan daging dan dilumuri dengan sau kacang atau saus kecap. daging yang digunakan bisa daging ayam, kambing domba, sapi, ikan. Bahkan di Kudus ada sate kerbau.  Tusukan sate tersebut biasanya terbuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. sangat cocok dihidangkan hangat hangat bersama keluarga.
Nasi Goreng (Fried Rice)
Nasi Goreng
Terdengar dari namanya, nasi goreng merupakan nasi yang digoreng. Tidak hanya digoreng, melainkan pada saat digoreng ditambah bermcam macam bumbu sesuai daerah masing-masing. Biasanya menggunakan bawang putih, bawang merah dan cabai. Tambahan bahan yang biasa dimasukkan mulai dari sayuran, daging, telur, acar, sosis.
Bakso (Meatball)
Bakso
bentuk bakso yang bulat menyerupai bola ini merupakan salah satu makanan populer di Indonesia. Pada umumnya bakso dibuat dari tepung tapioka dan daging sapi giling. Selain itu ada juga yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Bakso disajikan dengan kuah kaldu. Akhir akhir ini bakso mengalami inovasi dari mulai bakso gepeng, bakso bakar hingga bakso goreng.
Rendang
rendang
Makanan khas Padang ini merupakan makanan peringkat 11 dari 50 makanan terneak di dunia. Olahan daging sapi ini memiliki aroma dan rasa yang khas yang sangat terasa bumbunya. Untuk memasak rendang dibutuhkan waktu yang cukup lama agar bumbu meresap ke daging.
Gudeg
gudeg
Makanan khas Jogja ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Warna kecoklatan dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersamaan. Memasak gudeg juga memerlukan waktu berjam-jam. Gudeg biasanya disajikan dengan telur dan aneka lauk lain serta sambal goreng krecek dan tahu.
 Nasi Kuning
tumpeng
kenapa disebut nasi kuning? karena nasi ini berwarna kuning yang berasal dari warna kunyit yang dicampurkan dengan santan dan bumbu rempah lain. Nasi kuning biasanya disajikan dengan lauk pauk khas Indonesia. Biasanya nasi kuning dibentuk kerucut yang disebut tumpeng yang biasanya ada saat acara acara syukuran atau selamatan
Itulah beberapa makanan asli Indonesia yang mendunia. Ternyata budaya kita tak kalah dengan budaya asing. terlebih makanannya yang lebih terasa bumbunya dibanding makanan makanan luar yang belum tentu enak serta sehat. Sudahkah kalian mencoba semua makanan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...