GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Artikel Spesial Lebaran: Makanan dan Hidangan Favorite Saat Lebaran

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Agustus 2013 | 14.30

rendang

Lebaran telah tiba , tentunya kita semua umat muslim menunggu-nunggu lebaran , sambil membayangkan menu makanan sesaat setelah selesai solat Ied.

kupat
Bagi kebanyakan orang di indonesia , berikut inilah menu favorite di saat lebaran 
  1. Ketupat,inilah makanan yang ditunggu-tunggu dan selalu ada saat lebaran, kalau tanpa ketupat rasanya kurang afdol, nasi rasanya kurang laku , dimana-mana banyak penjual kulit ketupat, padahal ketupat itu sama saja dari beras, tapi sensasinya itu yang berbeda saat kita makan ketupat yang dipotong-potong  dimakan bersama rendang, opor dan sambel goreng hati.
  2. Rendang, makanan ini juga paling ditunggu-tunggu disaat lebaran, daging yang diberi bumbu rempah-rempah dan cabe , diberi santan dan dimasak dengan waktu yang lama, makin lama malah makin enak, rasanya tak ada bosan-bosannya makan rendang beserta ketupat , apalagi rendang yang asli padang, mantaps, oh ya rendang ternyata bukan hanya milik orang padang saja, tapi disukai di mana saja di seluruh penjuru indonesia, bahkan di dunia lain juga banyak yang ikut menikmati. 
  3. Opor ayam, siapa yang tak suka opor ayam, rasanya emang gurih, dan bikin kangen , menu ini termasuk menu yang paling cepat habis di waktu lebaran, membuatnya tidak terlalu sulit, yang membedakan mungkin hanyalah pake ayam jenis kampung atau ayam broiler, tentu lebih enak pake ayam kampung.
  4. Sambel goreng Ati, mau yang pedes-pedes dan gurih, mengenyangkan, coba makan sambel goreng ati, kadang ada juga yang ditambah dengan kentang dan pete, tergantung selera, dijamin nambah dan nambah lagi.
  5. Kue Kering, sehabis selesai makan ketupat, rendang, opor dan sambel goreng hati, biasanya kita beralih ke ngemil kue kering, saya paling suka makan kue kering yang berjenis keju atau kastngels, tapi ada juga yang suka kue nastar, kue sagu keju, kue kacang,kue putri salju  dan lain sebagainya, banyak sekali variasi kue kering sekarang, tinggal kita mau beli atau membuat sendiri.
  6. Kolang-kaling,buah atep yang diberi gula dan warna ini enak banget , rasanya pantas saja kalau ditunggu-tunggu setiap hari lebaran, cara membuatnya sangatlah mudah, tinggal menyiapkan kolang-kaling mentah yang bisa dibeli di pasar, gula pasir, air dan juga pewarna yang aman , jangan lupa kolang-kaling dicuci dulu sampai bersih.
  7. Biskuit kaleng, walaupun sudah ada kue kering, tapi rasanya tidak lengkap kalau hari lebaran kita tidak beli biskuit kaleng, kadang ada yang suka merk tertentu seperti khong guan, atau merk lainnya, favorit saya waktu kecil adalah khong guan dari jenis  wafer, dan yang rasa coklat .
  8. Kacang goreng, bisa dipastikan tanpa adanya kacang goreng, baik kacang biasa atau kacang mede dan lainnya, lebaran serasa bukan lebaran,cemilan ini selalu tersedia di saat lebaran, ada yang suka digoreng biasa, ada juga yang suka dibumbui dulu memakai santan, bawang putih dan lainnya, supaya lebih gurih.
  9. Minuman manis-manis seperti sirup, saya selalu menyediakan minuman seperti sirup ABC orange atau marjan merah setiap lebaran, rasanya tidak afdol kalau tidak ada minuman ini, kadang dicampur buah-buahan, dan susu kental manis jadi sirup buah, atau hanya diminum bersama campuran es.
  10. Di daerah tertentu kadang ada makanan khas lebaran seperti dodol, tape uli , kembang goyang, kue cincin, kue ali ,  wajit, rengginang dll, tapi ini akan menambah khasnya hari lebaran, berbeda daerah, suka ada khasnya masing-masing.
  11. Di  tempat lain , ada yang suka membuat kue-kue seperti kue black forest, brownies chocolate praline, dan makanan modern lainnya, semua kembali ke selera masing-masing
  12.  
choco

Demikian makanan favorit lebaran versi saya , mudah-mudahan  sahabat-sahabat menyukainya juga.

jajanhalal.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...