GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

TIPS DAN CARA TERKINI UNTUK Sukses Berkarir di Negeri Seberang

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 21 Juli 2013 | 17.12

http://madingsekolah.net/wp-content/uploads/2013/03/perjalanan_masih_panjang_by_adalahsaya.jpgKena PHK ? tak usah risau. Dengan adanya globalisasi, Karier bekerja pun semakin terbuka lebar di seluruh dunia bagi mereka yang benar - benar Profesional. Apalagi gonjang - ganjing ekonomi di dalam negeri banyak menyebabkan beragam kata - kata menakutkan bagi para pekerja. Seperti Take over, Akuisisi, Merger, Downsizing.... yang ujung - ujungnya bermuara di satu kata PHK massal. Diperparah lagi dengan membludaknya angkatan kerja baru setiap tahun menyebabkan kian menyempitnya kesempatan bekerja di negeri sendiri. Daya tarik bekerja di luar negeri pun menjadi semakin besar bagi banyak orang.

Gaji besar, adalah salah satu magnetnya. Bagi para Profesional, tentu saja hal itu bukan satu - satunya alasan. Berkarier di negara yang sudah maju seringkali mendapatkan nilai positif dalam perjalanan karier selanjutnya. Banyak diantara eksekutif yang mempunyai pengalaman kerja di luar negeri, setelah pulang kandang mendapatkan kedudukan yang mapan dan kariernya pun melejit dengan pesat. Strategi bekerja dahulu di luar negeri adalah salah satu cara supaya kelak mendapatkan karier mapan di negeri sendiri.

Korea Selatan merupakan contoh negara yang sukses melakukan program " Repatriasi " untuk mendongkrak kemajuan teknologinya. Perusahaan - perusahaan Chaebol banyak yang mempekerjakan alumnus perusahaan multinasional. Tengok saja K. C. Park Vice Presideny L. G. Electronic. Inc. ini pernah berkarier d IBM selama 27 tahun.

Secara umum Staffing Decision berkaitan dengan kebangsaan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Parent Country Nationals.
Jika Perusahaan AS di Indonesia mempekerjakan orang AS juga di perusahaan mereka di Indonesia.

2. Host Country Nationals.
Jika Perusahaan AS di Indonesia mempekerjakan orang Indonesia di perusahaan mereka di Indonesia.

3. Third Country Nationals.
Jika Perusahaan AS di Indonesia mempekerjan selain orang AS dan Indonesia di perusaan mereka di Indonesia.

Bagi para profesional yang saat ini berburu karier di luar negeri, tentu termasuk kategory Third Country Nationals. Karena saat ini belum begitu banyak pengusaha Indonesia yang mendirikan perusahaan di negara lain. Karena kondisi inilah maka perjuangan untuk cemerlang berkarier di luar negeri membutuhkan extra kerja keras. Bekal yang harus dimiliki tentu harus mumpuni, diantaranya :


1. Aspek Teknikal.
Anda harus memiliki core competence yang menjadi unique selling point di mata recruiter.

2. Faktor personal yang akan menunjang karier anda.
Seperti dukungan keluarga.

3. Kemampuan beradaptasi, bagi anda sendiri dan keluarga.

Kunci sukses dalam beradaptasi adalah kemampuan anda berkomunikasi secara lintas budaya.. Tentu masalah bahasa adalah yang paling utama. Cukup beruntung apabila perusahaan dimana anda bekerja mengadakan cross cultural training. Namun jika tidak maka bersiaplah untuk belajar sendiri bagaimanapun caranya. Berkomunikasi bukan hanya verbal, tetapi komunikasi non verbal juga ikut menentukan citra profesional anda.

Beradaptasi memerlukan waktu. Bekalilah diri anda dengan pemahaman yang baik mengenai etika internasional. Penampilan dan citra profesional merupakan pintu untuk dapat diterimanya anda dalam lingkungan global.

Secara sederhana, tinggalkan dulu sebagian budaya kita yang sudah melekat begitu dalam di diri anda. Seperti :

1. Jangan terlalu banyak memuji dan berbasa - basi.
2. Jujur. Katakan ya jika memang ya. Katakan tidak jika memang tidak.
3. Jangan terlalu banyak tersenyum jika dirasa tidak perlu., karena akan kelihatan Naif dan menunjukan kelemahan.

Komunikasi budaya akan berjalan lancar seandainya kita memiliki kepekaan kultural. Kepekaan ini dapat di asah melalui kemauan untuk berfikir dalam pola pikir orang - orang yang memang berasal dari negara yang bersangkutan. Hal ini akan menjadi modal yang amat besar dalam membangun saling pengertian dengan mereka. Dan dengan sendirinya akan menjadi sarana meniti tangga karier untuk menjadi sukses.

Meniti karier di negeri orang, mungkin merupakan perjuangan tersendiri. Namun jika dapat dilalui dengan mulus, akan menjadi aset yang berharga bagi perkembangan karier selanjutnya.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2195046-sukses-berkarir-di-negeri-seberang/#ixzz2ZfZnKxdc

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...