GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

PELUANG USAHA DAN BISNIS 2013= Usaha Beternak Ayam Petelur

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 26 Juli 2013 | 13.35

http://indonesianic.files.wordpress.com/2008/08/telur-ternak.gif 
~ Tips Peluang Usaha Beternak Ayam Petelur ~

Seperti diketahui konsumsi telur di masyarakat kita lumayan tinggi dan sepertinya ga akan ada habisnya jadi selalu dibutuhkan telur telur ayam itu, oleh karena itu hal ini sebenarnya bisa menjadi sebuah peluang usaha yang patut di perhatikan dan juga layak untuk di jalankan.

Sebuah usaha bisnis yang menjanjikan menurut saya jika melihat prospek pasarnya yang masih cukup terbuka lebar apalagi yang mengkonsumsi dari segala kalangan masyarakat entah itu anak anak sampai manula semua bisa mengkonsumsi telur ayam.

Namun sebelum memulai usaha bisnis di bidang ini sebaiknya kita mengetahui dulu seluk beluk mengenai beberapa komponen yang akan mempengaruhi jalannya usaha budidaya ayam petelur nantinya. Perlu diketahui bahwa ternyata jenis ayam petelur ternyata di bagi dua tipe :

1. Tipe Ayam Petelur Ringan

Tipe ayam ini disebut dengan ayam petelur putih. Ayam petelur ringan ini mempunyai badan yang ramping/kurus-mungil/kecil dan mata bersinar. Bulunya berwarna putih bersih dan berjengger merah. Ayam ini berasal dari galur murni white leghorn. Ayam galur ini sulit dicari, tapi ayam petelur ringan komersial banyak dijual di Indonesia dengan berbagai nama. Setiap pembibit ayam petelur di Indonesia pasti memiliki dan menjual ayam petelur ringan (petelur putih) komersial ini.

Ayam ini mampu bertelur lebih dari 260 telur per tahun produksi hen house. Sebagai petelur, ayam tipe ini memang khusus untuk bertelur saja sehingga semua kemampuan dirinya diarahkan pada kemampuan bertelur, karena dagingnya hanya sedikit. Ayam petelur ringan ini sensitif terhadapa cuaca panas dan keributan, dan ayam ini mudah kaget dan bila kaget ayam ini produksinya akan cepat turun, begitu juga bila kepanasan.

2. Tipe Ayam Petelur Medium

Bobot tubuh ayam ini cukup berat. Meskipun itu, beratnya masih berada di antara berat ayam petelur ringan dan ayam broiler. Oleh karena itu ayam ini disebut tipe ayam petelur medium. Tubuh ayam ini tidak kurus, tetapi juga tidak terlihat gemuk. Telurnya cukup banyak dan juga dapat menghasilkan daging yang banyak. Ayam ini disebut juga dengan ayam tipe dwiguna. Karena warnanya yang cokelat, maka ayam ini disebut dengan ayam petelur cokelat yang umumnya mempunyai warna bulu yang cokelat juga.

Dipasaran orang mengatakan telur cokelat lebih disukai daripada telur putih, kalau dilihat dari warna kulitnya memang lebih menarik yang cokelat daripada yang putih, tapi dari segi gizi dan rasa relatif sama. Satu hal yang berbeda adalah harganya dipasaran, harga telur cokelat lebih mahal daripada telur putih. Hal ini dikarenakan telur cokelat lebih berat daripada telur putih dan produksinya telur cokelat lebih sedikit daripada telur putih. Selain itu daging dari ayam petelur medium akan lebih laku dijual sebagai ayam pedaging dengan rasa yang enak

Setelah mengetahui jenis dari ayam petelur yang kira kira akan di budidayakan, maka syarat lainnya yaitu kita harus mengetahui lokasi yang kira kira baik untuk menjalankan peluang usaha ini . Pada prinsipnya ada beberapa persyaratan lokasi diantaranya :

Lokasi kandang harus jauh dari keramaian/perumahan penduduk. Lokasi juga harus mudah di jangkau dari pusat pusat pemasaran. Lokasi sebaiknya menetap dan tidak berpindah pindah.

Dari beberapa faktor tersebut diatas sebaiknya diperhatikan secara benar, karena akan bisa mempengaruhi jalannya usaha bisnis ayam petelur Anda nantinya. Sebenarnya masih ada banyak ulasan, berkaitan dengan hama penyakit yang bisa menyerang ayam, dan juga dari segi pembiayaan budidaya ayam petelur ini dan juga tindakan pasca panen harus bagaimana dan beberapa tips terkait. Namun karena materinya cukup lumayan banyak maka akan saya share pada artikel selanjutnya.

Semoga tips diatas bisa menjadi inspirasi Anda dan menambah wawasan untuk anda yang tertarik dengan Usaha Beternak Ayam Petelur.

Salam Sukses WiraUsaha..ˆ⌣ˆ

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...