GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Bagaimana Jika tidak Perawan? ( tidak semua perempuan berani untuk mengungkapkan bahwa ia telah tidak perawan sebelum menikah )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 17 Agustus 2013 | 10.04

by: http://sosbud.kompasiana.com/2013/07/21/bagaimana-jika-tidak-perawan-578532.html 
Kali ini saya ingin menuliskan sedikit mengenai tema Thesis saya.  Saya mengerti keperawanan adalah hal sensitive bagi perempuan, tidak semua perempuan berani untuk mengungkapkan bahwa ia telah tidak perawan sebelum menikah. Tetapi saya berfikir dengan semakin berpendidikanya kaum perempuan dan semakin maju cara berfikir mereka, selaput dara bukan lagi menjadi sebuah kualitas dari penilaian seorang perempuan.

Sampai saat ini, perempuan adalah pihak yang selalu di pojok-kan dan di ‘paksa’ untuk menjaga keperawanan, menjaga selaput dara mereka, menyembunyikan bagian tubuh tersebut, tidak boleh membiarkannya rusak dalam cara apapun sebelum waktunya. Supaya suatu saat nanti bisa ‘dinikmati’ oleh laki-laki yang sudah mempunyai hak atas dirinya melalui lembaga pernikahan. Padahal jika di pikir secara mendalam, selaput dara itu bagian tubuh dari perempuan, ia menempel pada perempuan, ia dimiliki perempuan, dan tentu perempuan sendirilah yang bisa menentukan apakah akan selaput dara tersebut akan dirobek kan, atau tidak. Kenapa ada agen-agen kelaki-lakian disini yang membuat perempuan yang harus menjaganya?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji7biJmYg5xQNpCZqG5jgLPBidFeZ8IpWMW6Tpluxw8aHQPQM4VjylqTJRvocR30aQtVNGz1UdVG3FruiYKzRq1szgvGCI14R1WO-OEv8D4SmnW0wiOXcamDlQ84DF8DXsAi3UjMzKdVBb/s200/upload-1235933687-896.jpg 
 
Sama seperti tenggorokan dan paru-paru laki-laki, paru-paru, sebagai sebuah organ yang begitu penting (dari pada hanya selembar kecil dan tipis yang tak memiliki fungsi kesehatan apapun layaknya selaput dara), kebanyakan laki-laki juga seolah bebas merusak tubuh mereka dengan senyawa kimia berbahaya hasil residu dari rokok. Tetapi anehnya Perempuan tidak boleh merusak dirinya karena seolah perempuan yang ‘rusak’ tidak akan pernah bisa ‘laku’.
Pada tesis saya, saya mengajukan statement bahwa sampai sekarang ini keperawanan di Negara kita masih menjadi isu yang penting dikarenakan adanya program berkeluarga, adanya instansi pernikahan dan dikarenakan goal dari kelajangan adalah membentuk keluarga untuk melahirkan keturunan. Perempuan percaya atau bahkan laki-laki percaya bahwa dengan menikahi perempuan yang masih perawan, maka jaminan keluarga bahagia telah dia genggam. Karena itulah perempuan berlomba-lomba untuk tetap perawan, dan perempuan yang sudah tidak perawan sebelum menikah berusaha untuk menutupinya (hasil wawancara dari beberapa informan). 


Seolah tidak ingin terbohongi dengan upaya perempuan yang menutupi kebohongan status perawan mereka, tidak tanggung-tanggung laki-laki memunculkan wacana tandingan yang berupa mitos supaya perempuan yang telah tidak perawana terus di hantui rasa bersalah dan melihat dirinya tidak beres. Beberapa mitos di sebarkan, mulai dari mitos bahwa perempuan yang tidak perawan bisa dilihat dari perubahan fisik, perilaku, cara bicara, bahan pembicaraan yang mengarah pada topic-topik seksual, hingga cara berpakaian, dan yang paling menghantui perempuan ketika malam pertama adalah mitos keterlaluan tentang darah keperawanan di sprei pengantin (intinya lagi-lagi tentang menikah dan berkeluarga).
Jadi selama instansi pernikahan masih penting dan menjadi agenda kehidupan setiap orang, dan di-simbol-kan sebagai “diambilnya” perempuan sebagai pendamping laki-laki bukan sebagai partner hidup laki-laki, selama itu pula perempuan masih akan selalu khawatir dengan keperawanan mereka, sesuatu yang seharusnya tidak perlu mereka khawatirkan. 

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...