GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

ARTIKEL INDONESIA BANGET: Sungguh Hebat,Bahasa Jawa Mendunia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 13 Agustus 2013 | 21.18

Pernahkan kamu menggunakan layanan Google Translate? . Coba perhatikan pilihan bahasa yang tersedia. Ada pilihan bahasa Jawa. Wow, mencegangkan. Bahasa Jawa yang dikenal di Indonesia sebagai salah satu bahasa daerah, diterima oleh Google sebagai pilihan bahas di dunia.Sampai saat ini, sudah tersedia 70 bahasa pilihan di Google Translate. Bahasa Jawa ditambahkan bersamaan dengan empat bahasa baru lainnya: Bosnia, Cebuano, Hmong dan Marathi. Bosnia adalah bahasa resmi dari Bosnia dan Herzegovina. Sedangkan bahasa Cebuano biasa ditututkan di Filipina. 


Bahasa Hmong biasa dipergunakan oleh suku bangsa di Cina, Vietnam, Laos. Google memasukan pilihan bahasa Jawa karena bahasa ini merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dalam terjemahan bahasa Jawa, layanan ini bernama Google Nggoleki.

Dalam pilihan bahasa di Google Translate, bangsa kita masih kalah dengan bangsa India. Layanan Google Translate memasukan delapan bahasa bangsa India, yaitu: Bengali, Gujarati, Hindi, Kannada, Tamil, Telugu dan Urdu selain bahasa India sendiri.

Selain di Indonesia, bahasa Jawa sudah dikenal di beberapa negara. Google Translate memasukan bahasa Jawa ke dalam layanannya, bukan hanya diperuntukan untuk orang yang tinggal di Indonesia http://www.freeimagehosting.net/uploads/05e5e2c8d8.jpg 
saja. Lebih dari itu, terjemahan bahasa Jawa dapat digunakan oleh orang lain, khususnya yang terbiasa menggunakan bahasa Jawa. Ada lima negara dimana bahasa Jawa dipergunakan. 


Pertama, Republik Suriname. Republik Suriname (Surinam) dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Di Suriname tinggal sekitar 75.000 orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia-Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname juga merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam.
Kedua, Singapura. Sejumlah orang Jawa didatangkan ke Singapura sejak 1825 [Johari, 1965]. Mereka berasal dari Jawa Tengah, dan mereka dipekerjakan sebagai buruh di perkebunan karet, jalur kereta api dan konstruksi jalan raya. Kampong Jawa, di tepi sungai Rochor, adalah tempat pemukiman pertama orang Jawa di Singapura. Selain Kampong Jawa, Kallang Airport Estate dikenal sebagai tempat pemukiman orang Jawa juga. Di Kallang, mereka hidup berdampingan dengan orang Melayu dan Cina.

Ketiga, Malaysia. Umumnya, mereka sudah berwarga negara Malaysia. Leluhur mereka datang sekitar tahun 1900 karena tekanan ekonomi. Masyarakat Jawa di Malaysia saat ini termasuk generasi ketiga dan keempat. Walaupun masih menggunakan sebagian adat dan kebudayaan Jawa, mereka sudah dianggap Melayu pribumi yang sah sesuai undang-undang Malaysia.


Yang terbanyak tinggal di Negeri Selangor, terutama di kawasan Tanjung Karang, Sabak Bernam, Kuala Selangor, Kelang, Banting, dan Sepang. Mereka masih mengekalkan beberapa unsur Jawa meski tidak total. Di Johor juga banyak, tapi yang muda-muda sudah lupa warisan leluhurnya. Bahkan sebagian ada yang merasa malu mengakui berketurunan Jawa. Mereka sudah tidak bisa lagi bertutur bahasa Jawa secara baik dengan unggah-ungguh dan tata krama. Ada yang mengekalkan identitas dirinya dengan mewujudkan Persatuan Anak-anak Jawa. Kegiatan keseniannya kuda kepang dan reog, walaupun tidak sehalus di Jawa.
Keempat, Belanda. Saat menjajah Indonesia Belanda mengirim orang Jawa sebagai budak ke Belanda. Yang unik dalam kasus bahasa Jawa ini adalah minat orang asing terhadap bahasa atau sastra Jawa. Dan, Belanda sebagai negeri bekas penjajah Jawa ternyata menjadi gudang dari orang atau pakar yang punya minat khusus terhadap keberadaan bahasa Jawa.


Universiteit Leiden, universitas tertua di Belanda yang didirikan 1575 merupakan salah satu gudangnya. Di universitas yang didirikan Pangeran Willem van Oranje, tempat dari sekitar 17 ribu mahasiswa menimba ilmu, kita bisa melihat naskah-naskah kuno berhuruf Jawa atau sastra Jawa kontemporer yang masih terawat.


Kelima, Kaledonia Baru. Kaledonia Baru (bahasa Perancis: Nouvelle-Calédonie) adalah sebuah negeri seberang laut milik Perancis terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Juga dinamai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulauan itu. Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis. Status ini dikenakan sampai 1998. Namanya berasal dari bahasa Latin Skotlandia. Ibu kotanya ialah Noumea.


Daerah ini dihuni oleh sebagian suku Jawa. Dahulu orang Jawa di Kaledonia Baru menjadi kuli kontrak atau mencari kehidupan lebih baik di negeri asing. Perpindahan orang Jawa di Kaledonia juga sama dengan orang Jawa Suriname, namun kepindahan orang Jawa di Pasifik telah terhenti sejak 1949.


Jumlah penduduk Kaledonia Baru tercatat tanggal 1 September 2006, yaitu: 237.765 jiwa. Orang Jawa di Kaledonia Baru tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari, namun kini anak-anak mudanya sudah tak bisa berbahasa Jawa, hanya bisa berbahasa Perancis saja.


Selain Google Nggoleki, di layanan dunia maya tersedia situs web enslikopedia terbesar di dunia, yaitu Wikipedia. Di situs ini menyediakan edisi khusus Bahasa Jawa dengan konten 37.290 artikel (posisi 28 Oktober 2011).
Berdasarkan estimasi ethnologue.com, Bahasa Jawa menempati peringkat ke 11 di dunia dari segi jumlah penutur, yaitu berturut-turut:
1. Bahasa China dengan jumlah penutur 1,21 milyar orang (paling dominan Bahasa Mandarin dengan 845 juta penutur);
2. Bahasa Spanyol (329 juta);
3. Bahasa Inggris (328 juta);
4. Bahasa Arab (221 juta);
5. Bahasa Hindi (182 juta);
6. Bahasa Bengali (181 juta);
7. Bahasa Portugis (178 juta);
8. Bahasa Rusia (144 juta);
9. Bahasa Jepang (122 Juta);
10. Bahasa Jerman (90,3 juta); dan
11. Bahasa Jawa (84,3 juta). Jumlah penutur Bahasa Jawa lebih banyak dibanding Bahasa Vietnam, Perancis, Korea dan Turki. Selain bahasa Jawa, bahasa suku lain yang masuk dalam kajian ethnologue. Com, adalah bahasa Sunda. Bahasa Sunda merupakan bahasa peringkat 31 terbesar di dunia, melampaui Bahasa Persia, Tagalog dan Belanda.
Penyebaran 84,3 juta penutur bahasa Jawa tersebar di Indonesia sendiri dan lima negara lain di dunia. Terbesar memang di pulau Jawa sendiri. Tetapi di luar pulau Jawa, juga sungguh besar dan ada yang dominan. Diantaranya di di Lampung 62 persen, Sumatera Utara 33 persen, serta Jambi dan Sumatera Selatan masing-masing 27 persen.
SEKEDAR HIBURAN
Ada anggapan masuknya bahas Jawa bagian dari bahas dunia, karena bahasa Jawa lebih canggih, lebih ringkas ketimbang bahasa Inggris. Kalimat atau kumpulan kata dalam bahasa Inggris yang panjang-panjang dan rumit, dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa lebih ringkas. Ini contohnya:
1. Walk slowly on the edge (side) of the road: MLIPIR
2. Falling backward and then hit own head: NGGEBLAK
3. Falling/tripping forward (and may hit own face): KEJLUNGUP
4. Smearing one’s body with hot ointment or liquid and then massaging it:
MBLONYOHI
5. Got hit by a truck that moving backward: KUNDURAN TRUK
6. Hot pyroclastic cloud rolling down a volcano: WEDHUS GEMBEL
7. A small, sharp thing embedded inside one’s skin: KESUSUBEN
8. Things getting out from a container accidentally because of gravity:
MBROJOL
9. Get hit by thing collapsing on top of one’s head/body: KEMBRUKAN
10. Drinking straight from the bottle without using glass, where the whole
bottle tip gets into the mouth: NGOKOP
11. Difficult to open eyes because something is shining very bright:
BLERENG
12. Expression or gesture due to a sudden appearance (of something): MAK
JEGAGIK
13. Very surprise of an unexpected experience: NJENGGIRAT
14. Water come out from the mouth uncontrollably: NGENCES
15. Doing something nonchalantly with your finger: UTEK-UTEK
16. Doing a lustful ‘raid’ to a lovely lady: NGUWEK-UWEK
17. Hanging on thightly to something in order to be inert: GONDELAN
18. Being overly active carelessly with eyes opened wide: PECICILAN
19. Releasing ‘wind’ from the body thru a coin drawn across the back
skin’s surface: KEROKAN
20. Finding by accident something good or useful without looking for it:
NDILALAH
Matur nuwun sanget
Sumber Tulisan:
http://forum.kompas.com/teras/48286-wow-bahasa-jawa-tersebar-di-6-negara-dunia.html
http://www.mindtalk.com/ch/BUDAYAKU_INDONESIA#!/post/511b5d11f7b7307490001654
http://www.infowebtrends.com/webinfo/google-translate-hadir-dalam-5-bahasa-baru-termasuk-bahasa-jawa/
http://duniainfo100.blogspot.com/2013/05/ternyata-bahasa-jawa-lebih-canggih-dari.html#ixzz2UJ9r8GFy
artikel by: http://bahasa.kompasiana.com/2013/05/25/wow-bahasa-jawa-mendunia-559205.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...