GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Ketika Nurani Bicara; Jurnalis Al-Jazeera Berhenti karena Berita yang Bias Soal Syiria ( ADA APA DAN MENGAPA ? )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 16 Agustus 2013 | 16.47

Barusan lihat tv Russia Today, ada berita soal jurnalis Al Jazeera yang berhenti karena berita di Al Jazeera sangat bias soal Syiria. Jurnalis tersebut, Ali Hashim, merupakan koresponden Al JAzeera di Beirut yang meliput soal Syiria.

Dia memutuskan berhenti, ketika berkali kali berita dia soal pemberontak bersenjata yang membunuh masyarakat tidak dimasukkan ke berita. Malah berita yang ada, seolah olah korban adalah dari tentara pemerintah Syria. Sehingga pemberitaan ini sangat bias.
Apa yang terjadi di Syiria memang sudah bukan lagi soal demo masyarakat sipil yang ingin demokrasi. Tetapi pemberontakan yang persenjataannya dipasok oleh AS dan Perancis. Dan diantara pemberontak yang dipasok persenjataan tersebut, terdapat kelompok Al Qaeda. Bayangkan, bagaimana Al Qaeda disebut teroris, tetapi untuk kasus Syiria ikutan dibantu dengan persenjataan, demi menjungkalkan Bashar Al Assad. Jadi, tujuannya emang jelas. Gulingkan Bashar Al Assad, gak peduli upaya apapun yang  dilakukannya untuk reformasi.
http://media.worldbulletin.net/250x190/2013/07/23/al-jazeera.gif

Tidak kira walaupun Syiria sudah melakukan referendum untuk mengakhiri kekuasaan 1 partai. Referendum ini disetujui oleh hampir 90% rakyatnya, untuk memulai reformasi sistem pemerintahan di Syria. Dengan referendum tersebut, Syiria akan memulai pemilu presiden dan parlemen multi partai.
Dan Ali Hasyim tampaknya bukan yang pertama. Sebelumnya, jurnalis idealis Al jazeera juga pernah membuat liputan di Bahrain yang berjudul ‘Shout in the Dark’. Rakyat Bahrain yang demonstrasi damai malah ditindas, termasuk dengan kedatangan tentara Saudi ke Bahrain, untuk menekan pada demonstran. Film itu sempet tayang, tetapi kemudian produser berikut jurnalisnya pada ditegur. Dan akhirnya, produsernya tersbeut pun keluar dari Al Jazeera.
Sayang memang soal Al Jazeera ini. Dulunya kirain bisa mengimbangi berita dari CNN, gak taunya malah ikut ikutan bias. Tak kirain bisa mempersatukan kepentingan timur tengah dengan berimbang, smart dan adil, gak taunya ya kok membebek cara menganalisanya. Padahal motonya adalah kebebasan, dan penghargaan kepada hak asasi manusia. Tetapi, tampaknya perjuangan untuk independen dari berbagai kepentingan itu emang berat banget.
Dan untuk ALi Hashim, semoga langkahnya bisa diikuti oleh jurnalis jurnalis lain yang masih punya nurani.
by: http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2012/03/12/ketika-nurani-bicara-jurnalis-al-jazeera-berhenti-karena-berita-yang-bias-soal-syiria-441904.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...