Translate

ARTIKEL PILIHAN

Mengenal pencipta wikipedia (first thread)

Written By Situs Baginda Ery ( New ) on Senin, 11 April 2011 | 08.06

BIOGRAPHY

Jimmy Donal "Jimbo" Wales, adalah nama seorang dari pendiri dan anggota yayasan Wikimedia. Organisasi niralaba yang mengoperasikan proyek-proyek wikipedia. Wales dilahirkan di Huntsville, Alabama pada 7 Agustus 1966. Ayahnya pada saat itu adalah manajer toko kelontong. Sementara Ibunya, bersama neneknya mengurus sekolah swasta kecil berupa sekolah tradisional dengan hanya satu ruang kelas.
Karir dan Pendidikannya-pun cukup baik. Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School, suatu sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi, yang merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lainnya untuk digunakan oleh para siswa. Wales mengatakan bahwa biaya bersekolah di sana terlalu mahal untuk keluarganya. Tetapi, Bagi keluarganya pendidikan itu dianggap penting. Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari universias Auburn dan melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan pada universitas Alabama dan memperoleh gelar master dalam bidang keuangan. Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pasca-sarjana, ia mengajar di kedua universitas itu, tetapi ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D.

WIKIPEDIA

Wikipedia itu sendiri adalah web-site yang sering digunakan sebagai mesin pencari yang bersifat pendidikan. Selain umum dan gratis. Wikipedia ini memiliki jaringan yang kuat seperti sebuah komunitas yang mempermudah untuk bertukar ilmu pengetahuan sesama para penggunanya. Seperti sebuah perpustakaan yang siapa-pun boleh menitipkan bukunya disana untuk dibaca orang lain.
Pada awalnya, Larry Sanger mengajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan piranti lunak wiki pada 10 Januari 2001 dan Wales berusaha untuk mewujudkannya, dan meluncurkannya pada 15 Januari 2001. Ketika itu, Wikipedia adalah situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh khalayak ramai untuk diperiksa oleh para ahli dan kemudian dimasukkan ke Nupedia, tetapi perkembangan Wikipedia yang begitu cepat menjadikannya sebagai proyek yang lebih berkembang dan Nupedia menjadi terbengkalai. Sanger mengundurkan diri dari proyek ini pada 2002.
Menurut Daniel H. Pink dari majalah Wired, hingga 2004 Wales telah menghabiskan lebih kurang US$500.000 untuk mendirikan dan mengoperasikan proyek-proyek Wiki-nya, hampir seluruhnya berasal dari sakunya sendiri. Pada akhir pengumpulan dana pada Februari 2005, Yayasan Wikimedia telah didukung sepenuhnya oleh sumbangan dan hadiah. Wales menjadi semakin terlibat dengan mempromosikan dan berbicara mengenai proyek-proyek Wikimedia, dan untuk melakukannya, ia mengunjungi konferensi-konferensi dan pertemuan-pertemuan, seperti "Wikimeets" dan Wikimania.Pada pertengahan 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung Wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya. Ia menunjuk dirinya sendiri dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan Wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang; dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih.
Wales seringkali menjelaskan tujuan-tujuannya akan Wikipedia. Dalam wawancara dengan situs web Slashdot, Ia mengatakan, "Bayangkanlah suatu dunia yang setiap orangnya bisa memperoleh akses gratis ke seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Itulah yang kami kerjakan".
Pada akhir 2005, Wales dikritik karena menyunting biografinya sendiri dengan cara yang disebut oleh beberapa orang sebagai "sejarah revisionis." Secara khusus, Rogers Cadenhead menarik perhatian orang kepada file log yang menunjukkan bahwa Mr. Wales telah menghapus rujukan tentang Sanger sebagai co-founder Wikipedia. Ia juga diketahui telah mengubah rujukan Bomis dengan cara yang disebut sebagai mengurangi unsur seksualitas dari beberapa produk perusahaannya yang terdahulu.
Pada kedua kasus itu, Wales berpendapat bahwa pengubahan yang dilakukannya semata-mata untuk membuat isinya menjadi lebih akurat. Wales menjelaskan bahwa Sanger adalah pegawainya, dan ia selalu menganggap dirinya sebagai satu-satunya pendiri Wikipedia. Pada 2006, Wales mengatakan kepada surat kabar Boston Globe bahwa "tak masuk akal" untuk menyebut Sanger sebagai co-founder. Namun, Sanger menolak hal ini dengan keras. Ia sudah dikenal sebagai co-founder Wikipedia setidak-tidaknya semenjak September 2001 dan menyebut dirinya sendiri demikian setidak-tidaknya semenjak Januari 2002.
Setelah peristiwa itu, Wales meminta maaf karena telah mengubah artikel tentang biografinya sendiri (tindakan yang kurang disukai di Wikipedia). Wales mengatakan pada wawancara di majalah Wired, "Seharusnya tidak dilakukan, saya sendiri pun seharusnya tidak. Saya menyesal telah melakukannya". Namun, ia tetap bersikeras bahwa ia adalah satu-satunya pendiri Wikipedia.

SURAT DARI JIMMY WALES

Pada tanggal 20 November 2010, Jimmy Wales membuat surat permohonan-nya kepada semua orang melalui web-nya (Wikipedia) untuk menggalang sumbangan agar proyek positif ini bisa tetap berjalan. Dia menulis :


Saya mendapatkan banyak tatapan aneh ketika saya mulai berbicara kepada orang-orang tentang Wikipedia.

Katakan saja beberapa jenis usaha yang berpandangan skeptis terhadap gagasan bahwa sukarelawan dari seluruh dunia dapat bersama-sama menciptakan sebuah kolam pengetahuan manusia yang luar biasa.


Tidak ada iklan. Tidak ada keuntungan. Tidak ada rencana.

Ini adalah situs ke-5 yang paling populer di dunia. Keempat situs lainnya telah dibangun dan dipelihara dengan investasi miliaran dolar, pegawai perusahaan dalam jumlah besar dan pemasaran tiada henti.

Tetapi, Wikipedia bukanlah sesuatu seperti situs web komersial. Ini adalah suatu ciptaan komunitas, ditulis oleh sukarelawan yang membuat satu tulisan pada suatu waktu. Anda adalah bagian dari komunitas kami. Dan saya menulis hari ini untuk meminta Anda melindungi dan mempertahankan Wikipedia.

Bersama, kita dapat tetap gratis dan bebas iklan. Kita dapat tetap terbuka - Anda dapat menggunakan informasi di Wikipedia dengan cara apapun yang anda inginkan. Kita dapat tetap berkembang - menyebarkan pengetahuan di mana pun, dan mengundang partisipasi dari semua orang.

Setiap tahun, pada saat ini, kami berbicara untuk meminta Anda dan orang lain di seluruh komunitas Wikipedia untuk membantu mempertahankan usaha gabungan kami dengan sumbangan sederhana 20$, 35$, 50$, atau lebih.

Jika anda menghargai Wikipedia sebagai suatu sumber informasi - dan sumber inspirasi - Saya harap anda akan memilih untuk bertindak sekarang juga.

Semua yang terbaik,



Jimmy Wales


Pendiri Wikipedia


N.b: Wikipedia adalah tentang kekuatan orang-orang seperti kita untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Orang-orang seperti kita menulis Wikipedia, satu kata pada suatu waktu. Orang-orang seperti kita mendanai proyek ini, satu sumbangan pada satu waktu. Ini adalah bukti dari potensi bersama kita untuk mengubah dunia.

(Untuk mengunjungi surat tersebut, Klik disini)

Kira-kira, begitulah yang ditulis oleh Wales.

Sebenarnya, Wikipedia ini adalah situs yang benar-benar sangat berguna bagi dunia. Kita bisa berbagi ilmu pengetahuan melalui web ini. Apa yang kita ketahui, bisa kita tulis disana untuk dibaca oleh orang lain. Begitu pula kita yang bisa mendapat ilmu dari postingan orang lain disana.
Cobalah kunjungi Wikipedia dan mulai berbagi ilmu dengan orang lain, melalui sebuah komunitas besar yang telah Tuhan namakan "Manusia".

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

ARTIKEL PILIHAN

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...