GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

WOW! PENGHASILAN Tanri Abeng: Tragedi Manajer Rp 1 Miliar

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 14 April 2011 | 22.07

SEBAGAI manajer Tanri Abeng memang sukses dalam mengelola karir dan hidupnya. Konon salah satu resepnya adalah berani mengambil tantangan dalam bekerja. Coba bayangkan. Dua puluh tahun silam, ketika karirnya tengah menanjak di perusahaan multinasional, PT Union Carbide Indonesia, eh, pria berkumis ini malah memilih masuk ke PT PBI (Perusahaan Bir Indonesia). Iming-iming gaji dan fasilitas sebagai presiden direktur di tempat kerja yang lama ia anggap bak angin lalu.

Rupanya, Tanri tidak salah pilihan. Di tempat kerja baru ini ia berhasil menaklukkan tantangan kerja sehari-hari. Tangan dingin lelaki kelahiran Selayar, Sulawesi Selatan ini, tak dinyana mampu membawa PBI berkembang lebih besar hingga kemudian berganti nama menjadi PT MBI (Multi Bintang Indonesia).

Kesuksesan di MBI ini mendorong Tanri untuk mendaki 'gunung' lain yang lebih tinggi dan menantang. Pucuk dicinta ulam tiba. Hasratnya tersalurkan ketika keluarga Bakrie membuka pintu dan menawarkan dirinya untuk menjadi sang nakhoda kelompok usaha Bakrie.

Di 'gunung' yang baru ini Tanri kembali membuktikan kemampuan dirinya sebagai manajer jempolan. Bayangkan saja, dalam setahun dia berhasil meningkat keuntungan kelompok usaha Bakrie hingga 30%. Berbagai keberhasilan suami dari Farida Nasution ini yang membuatnya dijuluki manajer Rp 1 miliar.

Berbagai cerita sukses Tanri ini kemudian mampir ke telinga Soeharto. Dengan kekuasaan prerogatif yang dimilikinya, Kepala Negara era Orde Baru ini lantas meminta Tanri untuk menjadi Menteri Negara Pendayagunaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tiga tahun silam. Berbeda dengan dua perusahaan terdahulu, di 'gunung' ini Tanri mesti menjadi nakhoda 164 BUMN dengan 1.300 anak perusahaan yang bergerak di segala bidang dengan nilai total mencapai kisaran Rp 500 triliun.

Walau menerima tugas mengurus ratusan perusahaan seberat ini, toh, Tanri pantang mengeluh. "Selain merupakan sesuatu yang berat, tugas itu merupakan suatu kehormatan luar biasa karena saya termasuk dalam kabinet penuh tantangan," ujarnya dengan mantap suatu ketika.

Pos jabatan yang sama Tanri emban di masa pemerintahan Presiden Habibie menyusul lengser-nya Presiden Soeharto. Namun di titik ini garis nasib Tanri mulai bergeser. Entah karena ambisi politik pribadi, atau sekedar solidaritas, penerima beasiswa 'American Field Service' ini mulai memasuki wilayah politik yang sebelumnya tidak pernah dia sentuh.

Belakangan, Tanri pun diisukan ikut menjadi anggota Tim Sukses Habibie dalam Pemilu 1999. Konsekuensinya, konon, dia ikut terlibat dalam intrik-intrik kotor untuk menggolkan Habibie. Salah satunya, dengan menyikat rupiah dari pundi-pundi Bank Bali. Akibatnya, kini Tanri mesti sibuk berurusan dengan aparat penegak hukum dan DPR. Rabu (6/2) pagi tadi misalnya, ia hadir di Gedung Bundar untuk menjalani pemeriksaan sebagai salah satu tersangka kasus Bank Bali oleh tim pemeriksa Jaksa Agung.

Skandal Bank Bali, boleh dibilang, membuat Tanri terpuruk dalam lilitan persoalan. Untuk bisa keluar dia harus membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Hal pertama yang harus dia klarifikasi adalah tuduhan bahwa Tanri hadir dan terlibat dalam pertemuan tanggal 11 Februari dan 26 Mei 1999 di hatel Mulia -- pertemuan yang menggagas "perampokan" Bank Bali tersbut. Tanri sendiri menyangkal pernah hadir, bahkan mengatakan pertemuan semacam itu tidak pernah ada.

Apakah Tanri akan berhasil keluar? Atau terjerumus semakin dalam? Hanya waktu, dan proses hukum yang benar yang akan menjawabnya.

Tanri Abeng lahir di pelosok desa Pulau Selayar, Propinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 7 Maret 1942, dari sebuah keluarga miskin. Ia belajar dengan keras, sambil juga mencari uang untuk menopang kebutuhan sehari-harinya. Antara lain dengan menstensil catatan-catatan sekolah dan kuliah, memberi les, dan sebagainya.

Sikap tidak mau menyerahnya terhadap keadaan terbukti membuahkan hasil. Ia terpilih sebagai peserta program pertukaran pelajar American Field Service. Di sana pula ia menemukan orangtua asuh, yakni keluarga Gibson. Kemudian ia meneruskan kuliah di Universitas Hasanudin sambil bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan eksportir dan mengajar bahasa Inggris di sebuah SMA. Ketika jadi mahasiswa ini pulalah Tanri memperoleh beasiswa untuk mengambil Master of Business Administration dari State University, New York.

Bintangnya terang selulus MBA, ketika ia bergabung dengan Union Carbide. Dimulai dari management trainee di Amerika Serikat, Tanri dalam waktu pendek dan usia 29 tahun sudah menduduki jabatan direktur keuangan dan Corporate Secretary di perusahaan multinasional tersebut.

Lima tahun kemudian ia dialihtugaskan ke Singapura dan bertanggungjawab atas pemasaran di Eropa, Asia dan Afrika. Tahun 1979 Tanri pindah, menjadi Chief Executive Officer di Multi Bintang dan berhasil mengangkat perusahaan multinasional ini menjadi bintang pasar minuman di Indonesia. Tantangan di Multi Bintang dianggap teratasi, tahun 1991 Tanri mencari tantangan baru dengan menjadi CEO di Bakrie Brothers, namun tetap diminta menjadi Non executive chairman di Multi Bintang. Di Bakrie ia juga melakukan turn around dengan melakukan restrukturisasi, profitisasi, dan akhirnya menjadi perusahaan publik. Sementara itu, ia juga memegang banyak posisi senior non eksekutif di banyak organisasi kepemerintahan dan LSM seperti Komisi Pendidikan Nasional, Badan Promosi Pariwisata, Dana Mitra Lingkungan, Asosiasi Indonesia Imggris, Institut Asia-Australia, Yayasan Mitra Mandiri, dan sebagainya. Terakhir, ia dipercaya menjadi Menteri Negara Pendayagunaan BUMN dari 25 Mei sampai dengan 13 Oktober 1999. Kini ia lebih banyak mencurahkan waktunya untuk mengembangkan pemikiran dan pendidikan manajemen, termasuk penulisan buku manajemen.


TANRI ABENG
Tanggal lahir : Selayar, Sulawesi Selatan, 7 Maret 1942
Nama Istri : Farida Nasution
Pendidikan : - Pernah menerima beasiswa "American Field Service"
- Fakultas Ekonomi Universitas Hasanudin, Ujungpandang
- Program Master of Business Administrasion, University of New York, Buffalo.
Karir : - PT Union Carbide Indonesia
- Presdir PT Perusahaan Bir Indonesia (sekarang PT Multi Bintang Indonesia)
- Presdir Grup bakrie
- Meneg Pendayagunaan BUMN Kabinet Pembangunan VII
- Meneg Pendayagunaan BUMN Kabinet Reformasi

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...