GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mencari ketenangan jiwa dengan berdzikir

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 14 April 2011 | 20.49

Dijaman yang serba materi ini, manusia seringkali terjebak dalam kesibukan yang tidak henti. Kesibukan yang terus bergerak seiring gerak detik jarum jam, detik demi detik terlewati dengan begitu cepat. Dan pada akhirnya, akan sampai pada suatu titik jenuh, titik dimana semua kesibukan itu serasa membosankan tiada kepalang. Situasi ini bisa saja dialami oleh siapapun tanpa terkecuali, karena memang demikianlah manusia diciptakan (al-Ma’arij 19-20).

Dalam situasi terjepit seperti itu, satu hal yang paling banyak dicari orang, yaitu ketenangan jiwa. Karena dengan jiwa yang tenang, maka semua jalan akan terbuka. Semua kesulitan akan terlepaskan, semua kebosanan akan sirna.Rejeki akan datang berlimpah, yang datangnya saja tidak bisa diperkirakan sumbernya (An-Nahl 112).

Salah satu cara yang direkomendasikan oleh Al-Qur’an untuk mendapatkan ketenangan jiwa ini, adalah dengan berdzikir kepada Allah SWT (Al Ra’d 28).

Berdzikir bukanlah pekerjaan yang sulit, hampir semua manusia bisa melakukannya kapan dan dimana saja. Setidaknya ada dua macam cara berdzikir ini, yakni berdzikir secara rahasia (dzikir sirry) dan berdzikir secara terang-terangan (dzikir jahry).

Dzikir Sirry biasanya dilakukan dengan ritual-ritual dan doa tertentu, yang kemudian lebih dikenal sebutan Thariqah. Sedangkan dzikir jahry, adalah segala bentuk prilaku dan bacaan yang bisa mengingatkan manusa kepada Penciptanya. Pendek kata, dzikir jahry adalah segala bentuk kebaikan yang biasa dilakukan oleh manusi yang nantinya bisa mengingatkan manusia itu siapa dirinya, dan siapa Penciptanya.

Karena itu siapapun bisa menjalankan dzikir jahry ini, tapi tidak demikian dengan dzikir sirry. Sebab dzikir sirry memiliki ritual, doa, prosedur dan ketentuan tertentu yang harus dijalani oleh seseorang yang akan atau sedang menjalankannya.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...