GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mulai dari Diri Sendiri ( Kesehatan adalah aset paling berharga yang dimiliki manusia )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 20 Agustus 2013 | 13.24

Kesehatan adalah aset paling berharga yang dimiliki manusia. Sepintar apapun, sekaya apapun, jika tidak sehat, manusia tidak dapat beraktivitas dan menjalani hidupnya dengan baik. Pentingnya kesehatan membuat bidang ilmu kesehatan masyarakat menjadi sangat krusial bagi kemajuan bangsa. Mahasiswa kesehatan masyarakat dapat memberi kontribusi yang cukup penting terhadap kesehatan masyarakat Indonesia. Bagaimana caranya? Kontribusi kepada masyarakat Indonesia sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat dapat terjadi mulai dari dalam diri masing-masing pribadi dan menyebar kepada masyarakat sekitar.

http://www.bpadjogja.info/file/IMG_2325a.jpg

Pertama, kontribusi dapat dimulai dari dalam diri sendiri. Banyak hal yang harus kita kerjakan, mulai dari belajar, berkaya, hingga hal yang paling sederhana yaitu hidup sehat.
Diberi kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang yang sangat krusial bagi masa depan bangsa seharusnya membuat kita termotivasi luar biasa untuk belajar. Seperti ungkapan dari Steve Jobs yang mengatakan, ‘Stay hungry, stay foolish’, kita sebagai pelajar tidak boleh puas atau kenyang terhadap pengetahuan. Kita harus terus merasa bodoh agar kita terus-menerus belajar. Selama masih ada kesempatan, kita sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat harus terus belajar sebanyak-banyaknya untuk memajukan kesehatan bangsa.
Segala daya yang kita punya—pengetahuan, keterampilan, bakat—menuntut kita untuk berkarya. Karya-karya yang kita hasilkan adalah bukti bahwa kita belajar tidak hanya untuk melahap teori mentah-mentah. Karya adalah aplikasi nyata dari teori yang telah kita pelajari, dapat berupa sistem, produk makanan sehat, dan lain-lain. Sebagai aplikasi, karya harus bermanfaat dan dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia.


Sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat, sudah seharusnya kita hidup sehat. Bagaimana mau membuat masyarakat sehat jika kita sendiri tidak sehat? Menjaga diri tetap sehat bukan hal yang dapat dicapai semudah membalikan telapak tangan. Kesehatan harus ditumbuhkan dan dipelihara dengan telaten. Caranya memang sederhana, tapi membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan. Misalnya, olahraga tiga kali seminggu, minum susu setiap hari, makan buah atau minum jus buah setiap pagi, makan tepat waktu (makanan 4 sehat 5 sempurna) tiga kali sehari, tidak makan sembarangan di pinggir jalan, meminimalisasi konsumsi junk food dan fast food, tidur tidak larut malam, minum air minimal dua liter setiap hari, dan masih banyak lagi. Semua itu terlihat sederhana dan mudah. Namun, seringkali kita melanggar hal-hal mudah tersebut dengan alasan malas, repot, atau tidak ada waktu.



Kita sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat yang sudah mempunyai pengetahuan yang lebih dari cukup untuk hidup sehat seharusnya menerapkan semua pengetahuan itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan demikian, kita dapat menjadi contoh nyata bagi masyarakat di sekitar kita. Orang-orang di sekeliling kita dapat melihat pola hidup kita yang sehat dan positif dan akan mengadopsinya. Kita dapat memancarkan kebiasaan hidup sehat kita kepada orang lain hanya dengan mulai hidup sehat dari diri kita sendiri.
Kedua, kontribusi dapat berupa penyebaran informasi kepada masyarakat. Di zaman yang semakin modern ini, ada berjuta cara untuk menyebarkan informasi positif kepada masyarakat. Cara-cara yang selama ini telah dilakukan adalah penyuluhan di desa-desa, seminar tentang kesehatan dan gizi, bakti sosial, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa cara-cara penyebaran informasi yang mudah melalui dunia maya, yaitu melalui sosial media, blog, website, dan e-mail. Jika setiap mahasiswa mengelola satu buah blog saja yang memberikan informasi kesehatan terhadap masyarakat, akan ada banyak sekali informasi positif bagi masyarakat di dunia maya. Selain itu, dengan tingginya peningkatan pengguna sosial media di Indonesia, jika kita menyebarkan informasi tentang kesehatan kepada masyarakat melalui sosial media, tentu akan ada peningkatan kesehatan yang tinggi pula di kalangan masyarakat Indonesia.
Jadi, sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat, kita pertama harus mulai dari diri sendiri dengan belajar, berkarya, dan hidup sehat baru kemudian menyebarkannya kepada masyarakat melalui media, terutama media internet. Hal ini dilakukan sebagai kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia terutama dalam bidang kesehatan.



ESENSI PENULISAN ESAI
Tujuan dari penulisan esai ini adalah membagi pikiran tentang kontribusi mahasiswa kesehatan masyarakat dengan harapan esai ini dapat berdampak positif bagi para pembaca, terutama yang berprofesi sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat. Esai ini juga bertujuan untuk menambah informasi dan pengetahuan masyarakat Indonesia sehingga dapat menaikan taraf hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat dan berkualitas. Selain itu, esai ini dibuat dalam rangka menyelesaikan tugas Orientasi Kehidupan Kampus FKM UI.
by: http://edukasi.kompasiana.com/2013/08/13/mulai-dari-diri-sendiri-580742.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...