GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Bulutangkis, Salah Satu Olahraga Terindah yang Ada ( olahraga bulutangkis ini yang membuat nama Indonesia harum di mata dunia )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 18 Agustus 2013 | 15.05

by: http://olahraga.kompasiana.com/raket/2013/06/27/bulutangkis-salah-satu-olahraga-terindah-yang-ada-572374.html 
Bulutangkis, olahraga ini bisa dibilang begitu akrab dan dekat dengan kita orang Indonesia. Wajar, karena bisa dibilang hanya olahraga inilah yang benar-benar dapat dikatakan Indonesia berprestasi dan bersaing di level elit/atas dunia. Berbagai penghargaan dan pencapaian berhasil digapai oleh Indonesia melalui olahraga ini. Tentu, olahraga bulutangkis ini yang membuat nama Indonesia harum di mata dunia. Bahkan, faktanya, bulutangkis hingga saat ini menjadi satu-satunya olahraga yang mampu menyumbangkan seluruh medali emas Indonesia pada Olimpiade. Menunjukkan begitu tergantungnya harga diri dan olahraga Indonesia pada bulutangkis. Oleh karena sejarah dan fakta itulah, membuat orang Indonesia begitu antusias akan even-even bulutangkis, banyak juga anak anak yang berminat dan mau menjadi atlet bulutangkis.
https://sphotos-b-ord.xx.fbcdn.net/hphotos-prn2/p480x480/970272_10151732376760733_351125016_n.jpg

Banyak olahraga lain yang juga populer dan banyak digemari oleh orang, misalkan saja sepak bola, basket , voli atau tenis. Memang tiap olahraga punya seni dan keindahannya masing-masing dan tidak sama satu dengan yang lain. Ambil contoh olahraga sepak bola. Olahraga ini sudah begitu mendunia, dan hampir seluruh negara-negara di dunia memainkan olah raga ini dan menggemarinya. Ini karena sepakbola olahraga yang menarik dan indah. Permainan yang dimainkan oleh banyak pemain membutuhkan kerjasama yang baik dan kekompakan, baru skill dan finishing. Melalui olahraga sepak bola itulah cermin keadaan bangsa, bila prestasinya buruk, berarti negara itu berpotensi dicap sebagai bangsa yang tidak mampu bekerja sama dengan baik untuk membangun negeri, contohnya ya Indonesia, he he..
Tetapi, di sini saya lebih mau menekankan tentang olahraga populer nomor dua di negeri ini, yaitu bulutangkis. Entah kenapa saya amat menikmati menyaksikan olahraga yang satu ini. Saya sering sekali melihat di TV, bahkan di Youtube, karena saking cintanya akan olahraga ini. Di situ saya menjadi saksi betapa dahsyatnya pertandingan-pertandingan bulutangkis.  Berikut faktor-faktor yang membuat bulu tangkis begitu menarik untuk disaksikan:

Pertama, bulutangkis bisa dibilang olahraga yang sangat cepat dan enerjik. Rasa-rasanya tak ada olahraga lain yang begitu cepat dan enerjik layaknya bulutangkis. Bulutangkis sendiri dinobatkan sebagai olahraga raket yang tercepat dibandingkan Tenis, Tenis meja, Squash, dan mungkin yang lain. Untuk menghasilkan satu poin saja banyak sekali pukulan dan pergerakan yang tidak mudah dilakukan. Sangat berbeda dengan oleharga raket lainnya yang lebih ‘mudah’ dan sebentar dalam meraih poin demi poin. Menyaksikan perjuangan dan usaha para pemainnya sungguh memberi hiburan dan pembelajaran bagi saya
Kedua, bulutangkis menampilkan banyak variasi pukulan. Variasi pukulan dalam bulutangkis ada berbagai macam. Misal pukulan lob (pukulan ke arah lapangan belakang lawan), pukulan smash, pukulan netting , pukulan drop shot (kok seperti diletakkan di depan net lawan), jumping smash, pukulan backhand, pukulan forehand, pukulan servis,.. Hal itu sangat jarang kita jumpai di olahraga-olahraga lainnya. Bahkan pukulan mendasar macam servis pun bisa dilakukan dengan berbgai cara, ada servis panjang, servis pendek, dll. Pukulan pukulan yang ada ini membuat pertandingan bulutangkis menjadi amat menarik disaksikan dan tidak monoton. 

Penonton pun diajak menebak-nebak “habis gini diapain ya?” Kira kira begitu. Karena tak jarang banyak pukulan-pukulan pemain bulutangkis ‘menipu’, dan tidak terduga alias shocking strokes.
Ketiga, bulutangkis menggunakan shuttlecock bukan bola. Hal ini yang amat membedakan dan menjadi ciri khas dibanding dengan olahraga lain. Shuttlecock dipilih dan digunakan karena sifatnya ringan dan aerodinamis. Biasanya kan olahraga lain menggunkan bola sebagai objek pembantu. Shuttlecock sangat pantas bagi olaharga bulutangkis karena, bulutangkis olahraga yang cepat, oleh karena itu dibutuhkan objek yang ringan dan aerodinamis. Dalam bulutangkis, sebisa mungkin  shuttlecock jangan menyentuh arena permainan sendiri  (maksudnya di bulutangkis kok yang menyentuh tanah/lapangan terlebih  dahulu, otomatis poin bertambah) . Berbeda dengan tenis, dan sepak bola, maupun basket, di mana bola yang menjadi objek pembantu  sering sekali menyentuh tanah dan memantul. Juga, karena sifat bola yang biasanya berat dan susah dikontrol di ‘udara’ yang membuatnya tak cocok bagi bulutangkis.


Faktor berkutnya, adalah kecepatan, mungkin ini hampir mirip dengan nomor 1, tetapi saya sendirikan.  Faktor kecepatan ini sangat memengaruhi dalam bulutangkis. Permainan cepat yang tersaji di lapangan menimbulkan decak kagum karena sangat atraktif dan seru untuk ditonton. Bagaimana seringkali pemain yang berusaha mengembalikan shuttlecock dari  pukulan-pukulan/jumping smash lawan harus jatuh bangun untuk melakukannya. Hal ini sangat jarang ditemui di olahraga lain. Di mana, effort yang sangat baik dan ulet ditunjukkan oleh pemain-pemain bulutangkis. Lari dari sana ke sini, dari ujung kiri kanan, belakang lapangan pun harus diperjuangkan untuk dilakukan. Memang ini erat kaitannya dengan ketahanan fisik dan kelenturan dan daya tahan tubuh. Hal ini juga , yang membuat saya begitu kagum dan amat respek kepada atlet itu sendiri yang tidak hanya menampilkan permainan indah akan tetapi effort dan kesungguhan yang tercermin di lapangan. Tentu, tidak semudah terlihat di lapangan, untuk mencapai hal dan level tersebut diperlukan latihan keras dan kemampuan lebih.


Sayangnya, bulutangkis kurang begitu diminati di luar asia, karena kalah pamor dengan olahraga raket lainnya yaitu tenis. Tenis lebih mendapat banyak cover media, atensi, dan peminat. Padahal bagi saya bulutangkis jauh lebih attractive , quick dan of course entertaining. Hadiah turnamen bulutangkis pun kalah jauh dari turnamen-turnamen tenis dunia. Mungkin, karena mayoritas yang jago bulutangkis dari asia ya? Tetapi kalau di Indonesia, ga usah ditanya bulutangkis bisa dibilang sudah merakyat dan membudaya di sini, selain karena sejarah dan prestasinya yang dicapai, juga karena olahraga ini relatif murah, tidak semahal tenis misalnya. Inilah PR bagi BWF terutama lebih memasyarakatkan bulutangkis yang sebenarnya begitu indah dan menarik ini ke dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...