GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Rahasia Sukses Muslim Cina

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 03 November 2010 | 23.14


Saya dilahirkan dalam keluarga Cina dan dibesarkan dalam lingkungan masyarakat Cina. Sejak kecil, saya sering mendengar cerita mengenai kehebatan negara Cina dan dinasti kerajaannya, tetapi saya tidak pernah mendengar kehebatan umat Islam di Cina sampai saya masuk sekolah dan melanjutkan ke universitas. Bahkan, sebelumnya, saya tidak tahu bahwa ternyata begitu banyak umat Islam di Cina dan ada orang Cina yang beragama Islam. Sejarah dan segala hal mengenai umat Islam di Cina seperti tidak pernah ada dalam masyarakat, khususnya di Malaysia.

Ketika menemukan hal-hal mengenai kehidupan umat Islam di Cina, sumbernya tidak diketahui secara pasti, faklta, susunan, d
an informasi yang diberikan berbeda-beda. Sumber resmi yang dikeluarkan oleh pihak kerajaan Cina menunjukkan penduduknya yang beraga Islam adalah sekitar 30 juta orang, tetapi menurut sumber tidak resmi yang dapat dipercaya, jumlah umat Islam di Cina melebihi 100 juta orang dengan jumlah masjid melebihi 42 ribu bangunan.

Sejak Cina membuka pintunya kepada dunia luar, segala hal dan fakta mengenai umat Islam di negara itu mulai terbuka satu per satu. Umat Islam di Cina tidak hanya kaya akan budaya, kesenian, dan nilai peradaban yang tinggi, tetapi juga kehadiran mereka telah memberikan sumbangan yang cukup penting kepada perkembangan pemerintahan negara Cina. Umat Islam memainkan peranan penting di dalam pemerintahan beberapa dinasti Cina. Mereka juga terlibat dalam beberapa pergolakan politik di negara tersebut. Umat Islam di Cina pernah menduduki jabatan yang tinggi dalam kancah pemerintahan. Mereka juga pernah ditindas dan disingkirkan dari kedudukannya. semuanya itu merupakan rekaman sejarah yang akan dijadikan bukti tentang kehadiran umat Islam di Cina yang sejak dulu dianggap sebagai salah satu negara penguasa di dunia.

...lompat...

Sudah lama saya berkeinginan untuk memaparkan kehebatan yang ada pada umat Islam di Cina dan membaginya kepada masyarakat umum. Dengan kegemilangan yang pernah dilaluinya, umat Islam di Cina dapat jadi awal atau mungkin faktor pendukung proses kebangkitan awal umat Islam. Terdapat banyak cerita dan kisah menarik mengenai umat Islam di Cina, yang menurut saya, harus diketahui oleh umat Islam yang lain, termasuk di Malaysia dan di wilayah Asia Tenggara. Kisah itu, di antaranya adalah kisah rahasia saat umat Islam mempertahankan agama dan akidah mereka di tengah pergilakan dan pemerintahan yang dikuasai oleh masyarakat yang bukan Islam. Hal ini saya ceritakan pula supaya kita dapat mengambil manfaat dan pelajaran darinya. Yang lebih penting lagi adalah, buku ini dapat memberikan keyakinan dan motivasi kepada umat Islam sebagai sesama saudara tua ataupun saudara muda. Kita harus bangga menjadi orang Islam dan juga merasa hebat menjadi bagian dari umat Islam.

Dunia Islam sangatlah luas, kita dapat menemui umat Islam di mana-mana. Umat Islam menguasai hampir separuh dari kekuasaan negara Cina dan kini kedudukan serta peranan mereka semakin mendapat pengakuan dari kalangan masyarakat yang lain. Jadi, sudah sewajarnya kehebatan dan kegemilangan Islam di Cina dibukukan untuk bacaan khalayak ramai. Dengan terbitnya buku ini, maka keinginan saya yang terpendam sekian lama telah terpenuhi. Setidak-tidaknya, buku ini dapat dijadikan sebagai sumbangan dari usaha kecil saya kepada Islam.

*Wakil Sekjen Pertubuhan Kebajikan Islam Malaysia (PERKIM) Kebangsaan. Ia juga penulis buku bestseller 'Rahasia Bisnis Orang Cina', 'Rahasia Bisnis Orang Jepang', dan 'Rahasia Bisnis Orang Korea'. Tulisan di blog ini, merupakan salinan prakata dari buku 'Rahasia Sukses Muslim Cina', terbitan Hikmah, Jakarta, Februari 2008

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...