GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mengetahui Kota Banjarmasin yang unik dan khas.

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 10 Februari 2010 | 18.47


Sedikit tentang Banjarmasin

Bagi yang belum pernah berkunjung ke Kalimantan Selatan, datang pertama kali ke Banjarmasin mungkin akan kaget. Begitu juga saya yang menginjakkan kaki kali pertama di kota Seribu Sungai ini, Juni 2003 lalu. Image Kalimantan sebagai paru-paru dunia langsung lenyap ketika turun dari Mandala Air di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru kala itu.

Sepanjang 25 kilometer perjalanan dari bandara ke pusat kota Banjarmasin tidak saya jumpai satu batang pohon pun tumbuh di kanan kiri jalan Ahmad Yani, sebagai jalan utama. Yang ada hanyalah padang ilalang diselingi pohon galam di kawasan Gambut dan Kertak Hanyar. Kotanya sangat panas, banyak debu dan padat, macet.

Awalnya, saya sempat miris saat akan dipindah ke kota ini. Dalam hati, saya akan bekerja di sebuah kota yang dipenuhi dengan pohon-pohon besar, tumbuhan hutan. Tapi, bayangan itu tidak saya temukan hingga empat tahun saya di kota ini. Bahkan, ketika saya melakukan perjalanan darat sejauh ratusan kilometer menuju Kabupaten Kotabaru, juga tidak saya temukan hutan yang ada dalam benak saya. Yang ada hanyalah hutan ilalang dan padang gersang serta rawa-rawa.

Kota ini dibelah oleh sungai Martapura yang lebar awalnya satu kilometer lebih. Tapi, pertumbuhan penduduk yang begitu cepat, dan peralihan kebudayaan sungai dan rawa menjadi kehidupan darat, memaksa sungai ini diurug dengan begitu cepat. Sungai inipun berubah menjadi jalan dan perumahan. Rumah-rumah lanting khas daerah rawa, kini telah berganti menjadi rumah cor padat seperti di wilayah lain.

Sebagian besar penduduknya berdagang. Spekulasi bisnis Urang Banjar sangat berani, terkadang kurang perhitungan. Pernah ribuan orang Banjarmasin ditipu beberapa orang dalam bisnis voucher isi ulang. Akibatnya, miliaran Rupiah melayang sia-sia karena investasinya macet.

Bisnis batubara yang mulai ramai empat tahun belakangan membuat beberapa orang kaya mendadak. Tak heran, jalanan Kota Banjarmasin berubah menjadi show room mobil mewah. Mulai dari roll royce panthom (1), hummer (5), toyota landcruisser, fortuner harrier (tidak kehitung lagi), BMW, mercedes, semua ada di Banjarmasin. Konon kabarnya, mobil mewah seri terbaru kebanyakan dibeli pertama kali oleh orang Banjarmasin.

Ada tempat wisata yang unik di sini, pasar terapung. Pasar ini mulai beroperasi usai shubuh hingga sekitar pukul 09.00 Wita saja. Pasar ini berpindah sesuai pergerakan arus sungai. Selain di Banjarmasin, pasar terapung juga ada di Martapura, namanya Lok Baintan. Karena kebanyakan usaha orang Banjar adalah pedagang, di Banjarmasin juga banyak terdapat pasar. Hampir di sudut kota ditemui pasar ini, mulai dari tradisional hingga hipermarket.

Meski kota ini menyebut dirinya Kota Santri, tapi kalangan pebisnis hiburannya seolah tak mau kalah dengan mendirikan beragam hiburan malam. Salon plus juga banyak bertebaran seperti layaknya di Jakarta. Ada tiga diskotik besar di Banjarmasin, Barito, HBI dan Grand. Seperti layaknya kota besar lainnya, kehidupan malam di Banjarmasin juga sangat hidup. Beragam aturan dibuat, tapi hiburan malam lengkap dengan pramusajinya juga jalan terus.

Kota Banjamasin yang pernah mendapat julukan Kota Terkotor se Indonesia (2006) ini berbatasan dengan Kabupaten Banjar dan Barito Kuala. Untuk menuju kota ini, bisa ditempuh lewat jalur laut melalui Surabaya dan Semarang. Jalur udara bisa diakses dengan pesawat melalui Surabaya, Jakarta, Balikpapan dan Yogyakarta (penerbangan langsung). Jalur udara ke dan dari kota ini termasuk padat, dengan tarif yang relatif murah.

Uniknya Pasar Terapung Banjarmasin

11 06 2008

Jika berunjung ke kota Banjarmasin, kota yang dikenal sebagai kota seribu sungai ini jangan sampai terlewatkan ke pasar terapung, pasar yang telah telah mendunia. Pasar terapung ini berada di kota Banjarmasin,Kalimantan Selatan tepatnya di muara sungai martapura – barito. Kenapa disebut terapung? ….. mungkin udah pada tahu semualah, para pedagang di pasar ini menawarkan barang dagangannya menggunakan jukung (sebutan perahu khas banjar) , dan begitu pula bagi yang mau beli juga harus menggunakan jukung untuk membeli. Unik khan?….

Dan yang lebih unik lagi, pasar ini aktivitasnya dimulai dari pukul 3.30 WITA sampai matahari udah mulai muncul sekitar 6.30 WITA. DI pasar ini kita bisa membeli barang2 layaknya di pasar kebanyakan seperti sayuran, buahan, wadai (makanan2 kecil dlm bahasa banjar),sarapan pagi, dan mungkin juga beli lauk pauk (tapi kemaren gw gak ngeliat). Dan tenang, ketika di pasar terapung tersebut kita akan didatangi oleh penjual2nya alias didekati oleh jukung2 tersebut sambil menawari barang dagangannya..dan tentunya juga ada kebanyakan dengan bahasa banjar dan dialek banjar yg juga khas…..

Untuk mencapai pasar ini tidak begitu susah kok karena pasarnya berada di kota. Dari kota kita hanya cukup pergi ke daerah Kuin, tepatnya ke dermaga2 kecil jukung, parkir2 untuk mobil sudah tersedia juga. Menuju kuin bisa dengan Taxi ato mobil pribadi. Dan dari dermaga jukung2 tersebut bisa pesan/carter jukung ke pasarnya sekitar 60000/jukung. Kemudian kita akan diajak menelusuri sungai martapura menuju ke hulu yang bermuara di sungai Barito. dan sepanjang sungai martapura kita juga bakal dapat melihat aktivitas2 yang unik juga seperti mandi( ada pertunjukan yang mengarah ke setengah bugil disini…wekekekeke.., cuci, buang sampah(weiksss).

O iya, untuk lebih merasakan keunikan pasarnya lagi, kita juga bisa menikmati sarapan pagi terapung. Yup, disana juga tersedia warung Soto Banjar terapung, kita cukup mendekati warung terapung tersebut, yup tetap diatas jukung yang agak gedean tentunya. Dan setelah dekat kita cukup naik ke jukung warung tersebut dan pesan dach. Dan jukung kita bakal parkir disebelahnya…..hmmm yummy sekali….

Megahnya Masjid di Martapura, Kalsel

29 03 2008

Martapura merupakan sebuah ibukota kabupaten Banjar yang berada di provinsi Kalimatan Selatan. Martapura merupakan sebuah kota yang sangat terkenal baik didalam negeri maupun diluar negeri berkat intannya.

Nach tepat setelah pasar intan terkenal tersebut berdiri megah sebuah bangunan masjid. Dan masjid ini masih diklaim terbesar di kalimantan selatan.

Masjid Al Mukarramah

Masjid ini dinamai seperti yang tertulis dengan huruf arab di depannya yaitu Masjid Al Mukarramah Karomah. Arsitektur masjidnya bergaya masjid-masjid di arab, karena masyarakat-masyarakat di Martapura kebanyakan keturunan Arab.

Masjid ini memiliki kubah yang unik dengan warna-warna dipuncaknya, dan juga dilengkapi dengan 1 menara tinggi dengan arsitektur yang unik juga.

Dan arsitektur didalam masjidnya tidak kalah dengan penampilan luarnya. Ademnya situasi masjid didalam tidak menggambarkan jika diluar panas terik.

Dan jika anda menyempati singgah di martapura untuk mencari intannya, sebaiknya anda juga menyinggahi masjid ini untuk menunaikan salah satu shalat 5 waktu anda, sayang untuk melewati nyamannya masjid ini.

O iya, untuk mencapai masjid ini gampang sekali karena hanya butuh +/- 1 jam perjalanan dari kota Banjarmasin dan hanya 1/2 jam jika dari bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru. Dan masjid ini juga berada di pinggir jalan trans Kalimantan ruas Kalsel-Kaltim dan berada di pusat kota Martapura.

Pasar Intan Martapura

Pasar Intan Martapura tampak depan

Pasar Intan Martapura tampak depan

Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Martapura, Pasar yang apabila dilihat baru dari luarnya aja sudah cukup eksotis, karena dirancang dengan gaya / model tersendiri dan cukup unik, kamu bisa beli apa aja disana, semua oleh oleh perhiasan dari berbagai jenis batu sampai dengan intan ada disana, untuk harga ya lumayan bervariasi, untuk harga relatif, maksudnya tergantung tebal dompet orang nya.

Aneka olahan batu

Aneka olahan batu

Aku sering kesana, untuk membeli oleh – oleh perhiasan dan kain sasirangan, ya..oleh- oleh untuk temen -temen, yang rupanya senang juga dengan modelnya…. seneng betul atau karena gratis..ndak tau ya.. he..he….tapi disana terkenal dengan gosokan batunya…

adapun aneka jenis batu permata bisa kamu lihat dibawah ini :

Aneka Jenis Batu

Aneka Jenis Batu

kamu tertarik….??

kalo kamu penasaran datang aja kesana, dijamin tidak mengecewakan…ini bukan promosi lho…

karena ini memang merupakan kebanggaan warga masyarakat banjar termasuk aku…..

mau tau contoh batu intan martapura , ini lho…

Batu Intan Martapura

Batu Intan Martapura

PENGOLAHAN DAN PENGASAHAN INTAN MARTAPURA

Alat penggilingan intan martapura

Alat penggilingan intan martapura

Ada suatu tempat didaerah kalimantan selatan tepatnya dibatas kota antara martapura dan banjarbaru suatu wadah untuk pengolahan intan dan pengasahannya hingga intan itu bisa dibikin perhiasan. anda semua dapat melihat dan menyaksikannya sendiri. Intan-intan mentah didapat dari para pencari intan di pendulangan intan cempaka banjarbaru. para wisata biasanya kita ajak langsung ketempat pencarian (pendulangan) intan tersebut.

Diposting oleh MY OFFICE IS SAFARI NUSANTARA INDAH TRAVEL di Kamis

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...