GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Benarkah Ada Manusia Sebelum Nabi Adam?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 01 April 2011 | 19.10

Pertanyaan ini sudah lama saya pendam karena saya belum pernah dapat jawaban yang logis dari ustaz-ustaz. Yang saya tahu dari kecil adalah bahwa nabi Adam manusia pertama di muka bumi. Tapi ada hal yang menarik yang pernah saya baca di suatu buku tentang manusia purba. Dikatakan bahwa manusia purba hidup ribuan tahun SM berdasarkan dari test DNA tengkorak manusia purba tersebut. Kemudian saya baca buku Islam tentang sejarah nabi-nabi dan tertulis (juga ada dalilnya) bahwa Nabi Adam tercipta setelah adanya manusia purba tersebut.

Kemudian saya baca di Al-Qur'an bahwa Nabi Adam adalah khalifah pertama di muka bumi (khalifah = pemimpin) bukan manusia di bumi? Perlu diketahui juga pada sejarah manusia purba mereka belum bisa bicara, bercocok tanam dan lain-lain. Sedangkan Nabi Adam dengan segala keistemewaannya.

Sabiq


Jawaban:

Assalamualaikum 'Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.
Alhamdulilahi Rabbil 'alamin, wash-shalatu was-salamu 'alaa Sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihihi ajma'in, wa ba'du

Sebenarnya anda tidak perlu mendapatkan jawaban yang 'logis' dari ustaz-ustaz, cukup anda membaca hadits Rasulullah SAW berikut ini. Sebagai seorang muslim, tentunya anda bukan hanya beriman kepada kebenaran Al-Quran saja, bukan?

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang kondisi orang-orang pada hari kiamat yang berkata kepada Nabi Adam, "Wahai Nabi Adam, engkau adalah bapak manusia. Allah SWT telah menciptakanmu dengan tangan-Nya dan meniupkan dari ruh-Nya kepadamu dan memerintahkan malaikatnya untuk bersujud kepadamu." (HR Bukhari 3092, Muslim 287, Turmuzi 2358 dan Ahmad 9250)

Dari Ibnu Umar r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Manusia itu adalah anak nabi Adam dan Allah SWT menciptakan Adam dari tanah." (HR Tirmizy 3193).

Dari Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Mereka semua adalah anak nabi Adam diciptakan dari tanah." (HR Tirmizi kitab Manaqib 3890).

Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Kalian semua adalah anak nabi Adam dan Adam (diciptakan) dari tanah." (HR Abu Daud kitabul Adab 4452 dan Ahmad).

Hadits-hadits Nabi SAW yang shahih merupakan rujukan resi dan syah yang telah ditetapkan dalam Islam. Tidak beriman kepada hadits-hadits itu berarti sama saja dengan mengingkari kenabian Muhammad SAW. Dan itu berarti ingkar pula kepada agama Islam. Sebab sumber hadits nabi itu sebenarnya juga dari Allah SWT juga, hanya saja metode penyampaiannya melalui perkataan Nabi Muhammad SAW, di mana keredaksiannya memang diserahkan kepada beliau. Tapi level kebenaran dan validitasnya tidak kalah dengan Al-Qur'an. Al-Qur'an dan hadits adalah dua warisan abadi yang kita jadikan sumber rujukan dalam beragama.

Kalau hadits-hadits nabi SAW sudah menegaskan dengan jelas bahwa nabi Adam memang benar-benar manusia pertama di muka bumi, alasan apalagi yang masih akan dikemukakan? Apakah kita masih saja ingin menolaknya dengan menggunakan asumsi-asumsi sederhana produk manusia yang kufur itu? Apakah kita akan mau menentang kebenaran hadits Bukhari itu? Nauzu bilahi min zalik.

Wallahu A'lam Bish-Showab,
Wassalamu 'Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Ahmad Sarwat, Lc.


www.eramuslim.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...