GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Belajar Tajwid dan Mengenal Tajwid

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 24 Desember 2013 | 21.49

http://belajartajwidyuk.blogspot.com/2011/08/mengenal-tajwid.html

Mengenal Tajwid

*****---___بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم___---*****


Alhamdulillah segala puji tercurahkan kepada Sang pencipta Alam raya ini, Allah azza wa jalla
Shalawat serta salam senantiasa tercurah untuk kekasih Allah,Muhammad Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam.Allahumma Shalli wa Salim Ala Sayyidina Muhammadin wa Ala aali Sayyidina Muhammadin fi Kulli Lam Hatin wa na Fasinn bi'adadi Kulli Ma'lu Mil Lak.

ya Allah tuntunlah kami senantiasa manapaki jalan yang engkau ridhai, Ajarilah kami bagaimana memberi sebelum meminta,berfikir sebelum bertindak,santun dalam berbicara,tenang ketika gundah,diam ketika emosi melanda,bersabar dalam setiap ujian.Jadikanlah kami orang yg selembut Abu Bakar Ash-Shiddiq,sebijaksana Umar bin Khattab,sedermawan Utsman bin Affan,sepintar Ali bin Abi Thalib,sesederhana Bilal,setegar Khalid bin Walid radliallahu'anhumღAmiin ya Rabbal'alamin.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrevtFDAA4VHLfao5ANgD5BJrZZonRl1RnvYKGNTqsJa2L_eWtWe2hzTejveqKUGO1uIrH2gj31WRQR5wrc8KPFQoj-cdUc8N-jQE2ur356ozC1DKt2zj6Re2fSi0-WHUKOFT0pWab_e-l/s640/menghafal+qur%27an.jpg

Allah berfirman : "Dan bacalah Al-Qur'an secara tartil" (QS Al-Muzammil 73 : 4) Tartil : membaguskan bacaan huruf-huruf Al-Qur'an dengan terang, teratur, dan tidak terburu-buru serta mengena tempat-tempat waqof sesuai aturan-aturan tajwid.
Oleh karena itu, kita sebagai muslim dan muslimah yang baik kudu mengenal ilmu tajwid. Kalau tidak, bagaimana kita bisa membaca al-Qur'an dengan baik. ya ngga??
Tau gak? pasti tau dong..belajar ilmu tajwid itu fardhu kifayah loh sobat muslim jadi, ayo rame2 kita belajar tajwid!! supaya yang tadinya kita belum tau, jadi tau dan bisa membaca al-Qur'an dengan baik dan benar.
Okee let's begin
Pelajaran I
Hukum nun mati, tanwan, tanwin, tanwun Hukum nun mati,tanwin terbagi menjadi 4 yaitu : 1. Idhar Idhar artinya jelas. Huruf idhar ada 6 yaitu Hamzah (أ), Ghin (غ), ha (ح), Kho (خ), 'Ain (ع), Ha (ه). Maka, apabila ada Nun mati/tanwan/tanwin/tanwun bertemu dengan huruf tersebut, dibaca JELAS.
for example..weizzzz linggisan
مِنْ عَلَقَةٍ >>> nun mati bertemu dengan huruf ع, dibaca min 'alaqotin
اَجْرٌغَيْرُ   >>> tanwin bertemu dengan huruf غ, dibaca ajrun ghoiru
Pembagian Idhar
a. Idhar Halqi( الإظهار الحلقي ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung. Ia dinamakan Halqi kerana enam hurufnya keluar dari kerongkong. Huruf-huruf tersebut ialah: Hamzah( أ ), Ha’( هـ ), ‘Ain( ع ), Ha’( ح ), Ghain( غ )dan Kha’( خ ).
b. Idhar Mutlaq( الإظهار المطلق ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung. Ia dinamakan Mutlaq ialah kerana makhrajnya bukan dari kerongkongan atau bibir. Izhar Mutlaq dibaca apabila huruf Ya’ atau Wau terdapat selepas Nun Sukun di dalam satu kalimah. Ia terdapat pada empat tempat sahaja di dalam al-Quran iaitu: ( قنوان – صنوان – بنيان – الدنيا ).
Manakala( يس والقرآن الحكيم), (ن والقلم وما يسطرون )pula, hukum kedua-duanya adalah Izhar Mutlaq walaupun ia berada di dalam dua kalimah kerana mengikut bacaan riwayat Hafs.


2. Idhgom
Hukum bacaan idghom terbagi lagi menjadi 2 yaitu;
- idghom bi ghunnah
-idghom bi la ghunnah
Idghom bi ghunnah artinya memasukkan dengan dengung. Menurut buku pedoman ilmu tajwid yang ana baca, Idghom bi ghunnah ini dibacanya DENGUNG selama 2 rakaat(dua ketukan).
Huruf Idghom bi gunnah ada empat yang disingkat yanmuw(biar gampang ngapalinnya sob), yaitu: Yaa’ (ي), nun (ن), mim (م) dan wau (و)
Contoh :     مَنْ يُّفْسِدُ >>> nun mati bertemu dengan huruf ي, dibaca mayyufsidu


مِنْ نُطْفَة
>>> nun mati bertemu dengan huruf ن


Idghom Bila ghunnah artinya memasukkan tanpa dengung.

Huruf-huruf idgham bila ghunnah : ل ـ ر
Contoh-contoh idgham :
أَنْ يَضْرِبَ ـ خَيْرًا يَرَاهُ ـ مَالاًَ لُّبَدًا ـ أن لَّمْ
Dikecualikan empat kata yang tidak boleh dibaca sesuai dengan kaidah ini, karena pertemuan nun mati dengan huruf idgham dalam satu kata. Cara membacanya harus jelas dan disebut izhhar muthlaq, yaitu:
الدُّنْيَا ـ بُنْيَانْ ـ قِنْوَانْ ـ صِنْوَانْ
3. Iqlab, yaitu pengucapan nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf ba’ yang berubah menjadi mim dan disertai dengan ghunnah.
Contoh-contoh iqlab:
أَن بُوْرِكَ ـ يَنْبُوْعً ـ سَمِيْعٌ بَصِيْرٌ
4. Ikhfa’ Haqiqi, yaitu pengucapan nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf-huruf ikhfa’ memiliki sifat antara izhhar dan idgham dengan disertai ghunnah. Huruf-huruf ikhfa’ berjumlah 15, yaitu:
ص ـ ذ ـ ث ـ ك ـ ج ـ ش ـ ق ـ س ـ د ـ ط ـ ز ـ ف ـ ت ـ ض ـ ظ
Contoh ikhfa’ haqiqi: مِنْ صِيَامٍِ ـ فَانْصُرْنَا ـ مَاءًَ ثَجَّاجًا ـ قَوْلاًَ سَدِيْدًا

nah cukup mudah kan sobat muslim?ya iya dong. Ini masih awal, masih banyak pelajaran yang akan kita bagikan. so,,,jangan dulu patah semangat ya buat belajar baca al-Qur'an dengan baik dan benar.
waallahualam
Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...