GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Astaga, Warga Saudi pun Ditipu Oknum Biro Haji Indonesia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 22 Oktober 2013 | 18.40

13824348721028028040 
Pemeriksaan yang super ketat kepada jemaah haji dalam negeri di Taif Saudi oleh Polisi Imigrasi (foto:milik pribadi)
 
 
by: http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/10/22/warga-saudi-pun-ditipu-oknum-biro-haji-indonesia-601366.html
Demi meraup keutungan pribadi,sejumlah oknum WNI yang bergerak di jasa Agen dan Biro Haji dalam negeri di Saudi tega mencemari nama baik Bangsa Indonesia.Mereka melakukan ‘penipuan’ lewat berbagai cara dengan kedok membuka jasa biro perjalanan haji bagi WNI di luar kota Mekkah.
Modus yang mereka mainkan adalah dengan :
1.Menerima pendaftaran calon haji bagi TKI/TKW lalu kabur dengan membawa uang hasil pendaftaran calon haji,semnggu sebelum tanggal 8 Dulhijah.
2.Memalsukan Tasreh (Surat Ijin Haji) yang sangat mirip aslinya,namun setelah diperiksan oleh perangkat Scanner Barcode di Pos Polisi tempat Miqat ternyata Tasrehnya palsu.
3.Mereka membuang jemaah di tempat Miqat,jemaah diantar hanya sampai Taif kalau yang dari Riyadh,Damam,Qassim dan sekitarnya.Atau mereka dibuang di miqat Bir Ali bila jemaah WNI yang berasal dari Madinah dan sekitarnya.
Sehingga jemaah WNI terpaksa harus membayar sendiri ongkos ke Mekkah dari kocek sendiri dan berhaji mandiri.Itupun jikalau Tasrehnya asli,jika Tasrehnya palsu maka mereka harus berurusan dulu dengan Polisi dan hajinya haru rela tidak jadi masuk Mekkah.
Saat ini di Riyadh,ramai perbincangan tentang Biro-biro pelayanan haji Indonesia yang sudah tercemar sebagai tukang tipu.Dimana kasus yang paling berani adalah mereka berani ‘memalsukan Surat Ijin Haji yang aslinya dikeluarkan oleh pihak imigrasi setempat’.
Dikabarkan sejumlah pengurus yang masuk tukang tipu itu sudah ditangkap Polisi Riyadh atas pengaduan para kafil TKI.Namun banyak pula yang lolos dan diperkirakan sudah kabur ke tanah air.
Hal ini mengakibatkan efek buruk terhadap nama baik bangsa dan kepada biro-biro perjalanan yang masih amanah.Kepintaran dan kecerdasan sejumlah oknum WNI di Riyadh ternyata dipakai untuk menipu rekan sesama jemaah WNI.
Dalam rombongan saya kemarin dari 16 Bis serombongan,hanya 10 bis yang lolos masuk Mekkah,sisanya 6 bis jemaah (k.l 300 orang),mereka terpaksa dikembalikan lagi ke Riyadh karena Tasrehnya palsu.Ini yang diketahui dari satu buah Biro perjalanan saja,banyak biro lainnya yang bermasalah sama bisa mencapai 10 buah oknum biro,mungkin jumlah totalnya calon haji terlantar bisa mencapai ribuan orang.
Bayangkan bagaimana sedihnya yang sudah berkain Ihram dan berniat haji,lalu ditahan masuk Mekkah dan dikembalikan ke Riyadh hanya karena perusahaannya yang memalsukan Tasreh mereka.
Memang ibadah haji secara keimanan adalah murni panggilan Tuhan bagi pribadi-pribadi jemaah,tetapi ‘kejahatan’ dalam  hal ini adalah sebab yang diperbuat biro perjalananlah penyebab utamanya.Memalsukan dokumen mereka demi meraup keuntungan yang berlipat,yaitu tidak harus membayar Surat Ijin Haji ke pemerintah Saudi,sedangkan dari jemaah dibayar penuh seperti halnya haji yang punya Tasreh asli.
1382435048217691800
Barcode pada Tasreh,meskipun sudah memegang Tasreh namun belum menjamin bisa masuk Mekkah jika setelah di scan di tempat Miqat ternyata Tasrehnya palsu.(Foto dokumen pribadi).

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...