GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mungkinkah Planet di Film Avatar Nyata?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 22 Juli 2010 | 18.46


Film animasi Avatar, James Cameron sudah diputar di RI. Astronom menunjukkan, bulan yang dihuni makhluk asing di film itu disebut Pandora, mungkin ada dalam kenyataan.



Meskipun belum pernah ditemukan sampai saat ini, "exomoon" atau exoplanet yang mengorbit, pasti akan ditemukan menurut pengumuman Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA) AS.

Pandora merupakan dunia asing yang jaraknya 5 tahun cahaya dari Bumi yang mengorbit sebuah planet ekstrasurya dalam sistem Alpha Centauri A.

"Jika Pandora ada, kita memiliki kemungkinan bisa mendeteksi dan mempelajari atmosfer dalam dekade berikutnya," kata Lisa Kaltenegger dari CFA.

Kaltenegger dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa semua planet dengan gas raksasa di tata surya kita (Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus) memiliki bulan, dan jika bulan ini cukup besar, maka akan memiliki atmosfer.

Salah satu contohnya adalah salah satu bulan terbesar Saturnus, Titan yang memiliki atmosfer sangat tebal. Misi Huygens 2005 ESA juga menemukan banyak fitur-fitur permukaan Bumi yang sangat mirip di wilayah itu.

"Semua planet gas raksasa dalam tata surya kita memiliki bebatuan dan bulan dingin," tambah Kaltenegger.

"Itu menimbulkan kemungkinan bahwa Yupiter juga akan memiliki bulan. Beberapa dari mereka mungkin seukuran bumi dan mampu memiliki atmosfer."

Namun, mencari exoplanets adalah usaha keras, dan walaupun lebih dari 400 telah terdeteksi, namun wahana berteknologi tinggi dibutuhkan untuk pergi berburu exomoon.

sumber : http://www.inilah.com/berita/2009/12/21/233322/mungkinkah-planet-di-film-avatar-nyata/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...