GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Membentuk Tubuh untuk Raih Penampilan Ideal

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 25 Juni 2010 | 20.36

Chaerunnisa - Okezone

TUBUH atletis dengan postur ideal memang menjadi idaman banyak pria. Untuk memerolehnya ternyata bukan perkara yang mudah, karena diperlukan tujuan dan kedisiplinan. Lantas, langkah apa saja yang diperlukan untuk mewujudkannya?

Menurut dr Michael Triangto, SpKo, Direktur Slim&Health Sports Theraphy ketika dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, saat ini menjaga penampilan menjadi suatu kebutuhan mengingat persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif. Jadi harus siap dalam kondisi apapun dengan didukung penampilan yang maksimal.

Rajin melakukan latihan teratur di sebuah gym untuk membentuk badan serta ditunjang istirahat dan pola makan teratur, dengan sendirinya akan membentuk penampilan ideal selaras keinginan. Namun, bila Anda melakukan kesemua hal tersebut harus dipahami betul bahwa langkah ini diupayakan untuk menjaga kesehatan, bukan sekadar memeroleh bentuk tubuh ideal.

"Harus ada alasan kuat untuk mengubah bentuk tubuh, jadi bukan hanya semata-mata untuk memeroleh penampilan ideal seperti yang selama ini diidamkan. Jadi baik olahraga yang dilakukan untuk kompetisi, profesi maupun fun sebaiknya diutamakan untuk menjaga kesehatan," ungkap dokter yang praktek di Rumah Sakit Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek itu.

Ditambahkan olehnya, menjalankan hidup sehat sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang dan perlu dimulai sejak dini. "Untuk menjaga kesehatan, kita harus masukkan sport theraphy akan membantu derajat kesehatan seseorang dan menyembuhkan penyakit tertentu," paparnya.

Untuk membentuk tubuh sehat seperti yang diinginkan, diperlukan suatu manajemen yang tepat. "Banyak masyarakat yang berlatih seberat-beratnya dan makan seminimal mungkin, padahal itu tidak akan bertahan lama. Jadi, segala sesuatu itu harus yang wajar," imbuhnya.

Ditambahkan dokter Michael, banyak pula masyarakat yang cenderung tidak peduli terhadap tubuhnya dengan melakukan pola makan yang tidak sehat dan teratur hingga waktu istirahat yang kurang. Barulah ketika didera sakit atau terjadi perubahan negatif terhadap tubuh, mulai berpikir untuk sehat. "Dalam mengatur asupan makanan, boleh dikurangi tapi jangan mengabaikan fungsi tubuh yang lain," ucapnya.

Masih menurut dokter Michael, bila dilihat dari segi psikologi seseorang jangan lupa untuk mengubah mindset terhadap tubuh. Kenali dan pahami bagian tubuh Anda sendiri. Yang selama ini terjadi biasanya Anda nyaris tidak peduli terhadap fungsi setiap bagian tubuh seperti tidak menjaga pola makan, sistem pencernaan atau bagaimana metabolisme tubuh kita. "Untuk itu, perlu kenali dan bersahabat dengan tubuh kita dengan membuat program nyaman jangka panjang," katanya.

Latihan yang dilakukan pun harus dengan faktor yang wajar. "Kalau latihan yang dilakukan tidak berat dan asupan makanan tidak sedikit, maka lesu dan lelah akan terhindari. Produktivitas pun akan bertambah, bahkan kemampuan seksual juga akan meningkat," kata staf pengajar kedokteran olahraga Universitas Indonesia itu.

Saat latihan, agar membuahkan tubuh ideal selaras keinginan, maka diperlukan pengenalan bentuk tubuh. Khusus untuk pria, karena memiliki bentuk tubuh apple maka perlu memerhatikan tiga bagian, yaitu punggung, paha, dan perut. Dengan demikian, latihan bisa dikonsentrasikan pada tiga bagian tersebut untuk mendapatkan hasil optimal. "Pria umumnya tidak pernah konsentrasi untuk mengecilkan pantat, tapi lebih banyak membidik daerah perut, paha, dan punggung," pungkasnya.
(mbs)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...