senang sekali jika kita dapat berbicara lancar, atau berkomunikasi dengan baik. apalagi ditambah dengan wawasan yang kuat dan luas.. hmmmmm orang mana sih yang gak suka dengan kita????? orang mana sih yang gak kenal kita? orang akan terkagum-kagum melalui kelebihan yang kita punya. apalagi bagi agan-agan yang miliki jiwa ingin terkenal atau dibidang entertaint terutama dibagian MC . wah sangat cocok nih bagi agan untuk membacanya . yuk kita intip sedikit profesi menjadi MC..
Master of ceremony ( MC )
PROFESI MENJADI MC
A. Tips
menjadi MC yang baik ( bagaimana sebaiknya menjadi MC itu )
1. Murah
senyum, tapi bukan senyum murahan
Senyum
yang tulus akan membuat orang lain tergetar dan otomatis akan membuat hadirin
tentram. Ini sangat menolong pembentukan suasana yang kondusif antar pengisi
acara audience. Rumus senyum yang tulus adalah 2-2-7, bibir ditarik 2 cm
kekanan, 2 cm kekiri dan lakukan selama 7 detik saja.
2. PD (
percaya diri ), bukan pendidikan jasmani
3. Konsentrasi,
selalu siap untuk berimprovisasi
4. Menguasai
urutan acara, bekerja sama dengan manager panggung ( stage manager )
5. Rajin
membaca, tidak cukup hanya rajin menabung dan mebantu orang tua, untuk
meningkatkan kemampuan improvisasi
6. Penampilan
( performance ), dengan penampilan yang menarik , penonton atau pendengar tidak
merasa cepat bosan
7. Sikap,
sikap pembawa acara hendaknya mampu menjadi penghubung antara kepentingan
penonton dan pelaku kegiatan yang ditampilkannya
8. Bahasa,
tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa, seorang
pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah cara yang baik, bahkan
sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya
9. Wawasan
, seorang pembwa acara dituntut untuk memiliki wawasan yang kuat dan luas.
Pembwa acara yang tidak memiliki wawasan yang luas terkesan picik, ragu, bahkan
terlihat bengong dan terbatas.
Perbedaan
Pembawa Acara, Master Of Ceremony ( MC ), Dan Protokol
Pembawa
acara adalah orang yang menyajikan atau menyampaikan satu per
satu acara, memandu acra dengan menggunakan suara, mimik serta juga
memperhatikan tata rias, busana, bahasa dan etika. Pembawa acara sesuai dengan
tugas dan fungsinya lebih cocok dilekatkan pada acara-acra resmi. Seorang
pembawa acara sangat terikat dengan etika protokoler. Pembawa acara juga tidak
dituntut berimprovisasi dalam membawakan acara. Penggunaan bahasa formal adalah
mutlak. Ahli bahasa menyebutkan dengan PEWARA atau pembawa acara.
Master
of ceremony ( MC ) biasanya untuk acara hiburan dan semi
hiburan, sebab tuntutan kreativitas dan improvisasi lebih tinggi. Seorang
master of ceremony ( MC ) harus mampu membaca situasi, menciptakan suasana
sesuai dengan karakteristik acaranya, dan memungkinkan adanya dialog dengan
audience.
Protokol.pembawa
acra tidak sama dengan protokol atau juga MC
.Pembawa acara adalah salah satu aspek dari protokol. Seorang protokol
atau protokoler adalah orang yang bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap
suatu acara. Pembwa acara biasa saja menjdi protokoler karena pembaw acara bisa
menjabarkan gerak dan langkah apa yang akan timbul dari paduan mata acara yang
dibwakan. Tapi seorang [protokoler belum tentu bisa menjadi pembwa acara.
Tugas
pembwa acara/ MC
Seorang pembawa acara tidak ahanya bertugas
membawakan sebuah acara, tetapi juga mulai menyusun acara, mengecek kesiapan
acara, mengetes soud system, menegecek kehadiran, mengendalikan waktu, menyimak
jalannya acara dan menguasai suasana acara serta mengatur hadirin.
Namun
secara umum ada 3 tugas penting pembawa acara / MC
1. Mengumumkan
acara yang berlangsung
2. Menarik
perhatian hadirin untuk mengikuti acara melalui pakaian, dandanan, gerakan,
suara, bahasa dan etika serta penampilan
3. Mengatasi
segala hambatan yang terjadi selama acara berlangsung
4. Berkoordinasi
dangan panitia/protokoler dan penghubung acara
Orang – orang yang cocok
menjadi pembwa acara:
1. Ekstrovet,
yaitu orang-orang yang suka mengekspresikan apa yang dipikirkan, dirasakan pada
orang lain atau orang yang suka memperbincangkan berbagi hal dengan orang lain
secara terbuka
2. Generalis,
yaitu orang – orang yang memiliki pengetahuan umum yang banayak dan
kemungkinan dia untuk bicara apa saja
3. Flexibel,
yaitu orang-orang yang mudah bergaul dan karena pembawaanya disenangi orang
banyak.
4. Friendly.
Yaitu orang yang mudah bergaul, dan karena pembawaannya disenangi orang banyak.
Persyaratan
utama yang harus dimiliki oleh
pembawa acara / master of ceremony
pembawa acara / master of ceremony
1. Pengetahuan
dan pengalaman yang luas. Dengan kedalaman pengetahuan akan menjadi kreatifitas
yang sangat efektif sesuai dengan tuntutan situasi . contoh yang gampang saja
untuk menyebutkan nama orang, pangkat atau jabatan kalau tidak punya
pengetahuan bisa saja kita salah menyebutnya misalnya :
Pangkat kalangan TNI/ POLRI punya arti amat
penting, kjangan sampai salah menyebut pangkat, bisa diartikan merendahkan
kedudukan seseorang. Ini salah satu contoh pengetahuan yang harus dimiliki
seorang MC, salah menyebutka pankat atau nam seorang pejabat yang cukup
terkenal, memang tidak selalu berkibat fatal, namun dapat menempatkan diri anda
pada posisi yang lemah, anda dianggap tidak cukup punya pengetahuan atau tidak
mengikuti perkembanagn. Misalnya pengucapan “kadapol sumbar“ padahal ini adalah
sebutan dulu dan sudah diganti dengan
“kapolda sumbar”. Demikian juga dengan menyebutkan kota padang, masih
ada pembawa acara/MC yang dengan tanpa merasa berdosa menyebutkan kalimat
kotamadya padang padahal sekarang padang sudah termasuk kategori kota besar.
Ini tentu memperlihatkan kadangkala wawasan dan pengetahuan si pembwa acara/ MC
terhadap perkembangan lingkungan. Pengalaman yang sering tampil didepan umum
diperlukan sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki seorang MC, maka kita
sering melihat orang penyanyi atau seorang yang bergerak dibidang entertaint
yang sudah biasa berhadapan dengan audience contoh yang lain pelawak. Nah
orang-orang yang punya pengalaman seperti ini lebih mudah untuk menjadi MC.
2. Cerdas,
kalau pengetahuan dan pengalaman merupakan tutntutan utama, tidak demikian
halnya dengan kualifikasi pendidikan. Karena bukan pendidikan yang menjadi
penentu keberhasilan kerja seorang MC, tetpi kecerdasan. Banyak orang bisa
membedakan MC yang cerdas dari MC yang cemerlang dipermukaan saja. Wajah yang
cantik suara bagus, tetapi tidak kreatif dalam penghayatan dan penampilannya,
melihatkan bahwa MC ini tidak cerdas. Penampilan tidak berisi hanya rankaian kata-kata
tanpa makana. MC yang tahu persis pada apa yang dikatakannya, sanggup dengan
cepat mengambil keputusan, membuat pesan dengan jelas, singkat, dan tenang bila
terjadi hal-hal yang harus disampaikan, dan hal ini bisa terjadi disetiap saat,
MC yang cerdas dangan cepat bisa dimengerti dan memahami apa yang diinginkan
oleh panitia pelaksana suatu acara, tidak melihatkan wajah yang tegang pada
tampil rileks, santai dalam arti tidak meremehkan acra yang sedang dibawakan.
3. Rasa
humor. Ini khusus untuk MC. Oraang yang tidak mempunyai rasa sense of humor
akan mendapatkan kesulitan untuk mendalami profesi ini. Ada 2 hal yang
menyangkut masalah ini:
· Audience
tidak menghendaki berkomunikasi dengan seorang MC yang bermuka masam, karena
mereka datang untuk menghadiri suatu pertemuan, menghibur hati dan secara tidak
langsung mengharapkan semua yang dilihatnya adalah yang terbaik,.
· Anda
perlu memiliki rasa humor, karena dengan rasa humor akan tercipta suasana yang
akrab, ceria antara anda dengan audience
asal jangan terlalu berlebihan /over, tampillah dengan kewajaran dan tidak
dibuat-buat
4. Sabar,
pelaksanaan suatu acara melibatkan banyak pihak, masing-masing punya cara dan
keinginan tersendiri dalam mencapai tujuannya. Akibatnya, pada saat acara
sedang berlangsung bisa saja muncul instruksi-instruksi yang membingungkan.
Adalagi pihak acara yang rewel tidak percaya kepada MC, berulang kali merubah
acara dengan baik, jangan bingung walaupun dibelakang pentas kita sedikit
tegang atau kebingungan karena banyaknya komando dari panitia, namun kita harus
tetap tampil dengan tenang dan sabar seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Perlu
diingat “menghadapi situasi yang membingungkan seorang MC/ PA harus selalu
berhubungan dengan decision maker/ orang yang bisa mengambil keputusan dan berulang
kali minta ketegasan bahwa informasi yang disampaikan memang jelas.
5. Imaginasi.
Pada saat-saat tertentu MC dituntut untuk kreatif agara acara-acara yang biasa
saja bisa menjadi meriah, bersemangat dan mengesankan. Untuk itu seorang MC
dituntu bisa membumbui acara dan memainkan perannya dengan baik, tentu
dibuthkan ide-ide cemerlang yang hanya bisa datang pada mereka yang mempunyai
imaginasi tinggi
6. Rendah
hati dan bersahabat, profesi MC sangat dekat dengan artis, khususnya bagi MC
lepas atau freelance. Ketenaran nama MC bisa setingkat dengan ketenaran seorang
artis, namun seorang MC tidak boleh terlalu bangga dengan nama besarnya, karena
kesombongannya akan terpancar dari penampilannya, lewat kata-kata yang
dipilihnya dan dari sikap tubuhnya saat berkomunikasi dengan audience.
Kerendahan hati membuat penampilan MC menjadi sosok yang ramah, berwajah cerah
dan siapa berdialog seperti selayaknya seorang sahabat. Seorang MC banayak
mempunyai kesempatan bertemu dengan pejabat tinggi dan orang-orang terkenal atau
public figur, namun sikap rendah hati dan bersahabat harus tetap ditampilkan.
Persyaratan teknis pembawa
acara / MC
Disamping persyaratan utama diatas, seorang
pembawa acara juga harus mempunyai persyaratan teknis sebagai berikut:
1.
Menguasai materi acara
2.
Menggunakan kaliamat yang sesuai dengan
kaidah bahasa indonesia yanga baik dan benar untuk acara resmi-resmi
3.
Suara atau vocal harus nyaman, tidak
melengking atau terlalu rendah
4.
Pengaturan nafas dari perut
5.
Mengggunakan suara perut dan dada. Hindari
penggunaan suara tenggorokan
6.
Hal-hal ynag berkaitan dengan kepribadian
adalah tampillah dengan wajar, gunakan humor pada acara dan waktu yang tepat,
janagn memperlihatkan perasaan, jaga kesehatan agar selalu prima dan aturlah
mic 5-10 cm dari mulut atau tergantung jenis/ type mic yang digunakan. Untuk
jenis mic boom biasanya mulut bisa lebih dekat ke mic
7.
Untuk mengetes mic cobalah kalaimat dengan
kalaimat bukan kata atau berhitung.
8.
Janagan memukul mic
Ciri-ciri suara yang baik
dan fungsi bahasa tubuh
Akhir tahun 80an, ketika media hiburan
televisi masih sepi, radio menjadi tumpuan hiburan masyarakat. Salah satu acara
favorit saat itu menjadi tumpuan hiburan masyarakat . salah satu cara favorit
saat itu adalah sandiwara radio misteri gunung berapi. Kenapa pendengar bisa
begitu membenci tokoh mak lampir dalam sandiwar itu? Padahal mereka hanya
mendengar suaranya saja? Atau kenapa pendengar radio rela mendengarkan penyiar
fovoritnya yang sedang siaran sampai larut malam?. Betapa bnayak pendengar
radio yang tergila-gila kepada penyiar yang mereka kenal hanaya lewat suaranya
saja. Fenomena ini adalah bukti bahwa suara mempunyai kekuatan yang luar biasa
yang disebut dengan the power of voice. Untuk mejadi pembawa acara/ MC tentunya
harus memiliki suara yang baik dan berkarakter tentunya.
Sebenarnya sangat sulit untuk mecari sebuah
patokan suara yang baik yang bisa dijadikan standart. Didunia sekalipun. Namun,
ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan parameter untuk menentukan suara yang
baik
1. Bernada
menyenangkan, membawa persahabatan
2. Alami
daqn menunjukkan kepribadian yang bersangkutan
3. Dinamis,
bertenaga, meski barangkali suara tidak keras / besar
4. Ekspresif
mengungkapkan berbagai rasa dan tidak monoton
5. Nyaman
didengar , jelas
6. Memperhatikan
artikulasi, aksentuasi dan improvisasi
Walaupun suara sepertinya agak dominan dalam
penampilan seorang pembawa acara / MC namaun semua itu akan sedikit berkurang
jika tidak didukung oleh bahasa tubuh/ body language dan sasmita ( gerak
isyarat ). Sebab sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perhatian pendengar akan
terfokus pada :
1. Ekspresi
dan bahasa tubuh sebanyak 55%
2. Tekanan
suara 37%
3. Apa
yang diucapkan 8%
Dalam rujukan laain disebutkan bahwa orang
yang mendapatkan informasi 87% dari apa yang dilihat , 7 % dari apa yang
didengar. Makanya dalam penampilan seorang pembawa acara / MC harus
memperhatikan apa yang dikatakan albert mahrabain yang menyatkan bahawa dalam
dunia publik speaking termasuk pembawa acara/ MC ada hal yang berperan sangat
penting yaitu dikenal dengan 3V’s of communication.
1. Verbal.
Rangkaian kata-kata atau isi dari apa yang akan kita sampaikan . kata-kata atau
aklimat yang keluar dari mulut PA/ MC adalah kata-kata atau kalaimat lugas,
tepat sasaran bukan hanya rangkaian kata yang monoton dan nihil makna . PA/ MC juga
harus pandai menjahit kalaimat yang dighunakan bagi audience yanga ada. Untuk
itulah seorang PA/MC sebelum mmelaksanakan sebuah acara harus melakukan
analisis terhadap audience. Diantaranya:
· Analisis
psikologi. PA/ MC harus mampu mencerna kondisi psikologi pendengar. Ini tentu
erat kaiatannya dengan kemampuan PA/ MC untuk mengidentifikasi acara dengan
baik. Jika acara musik, maka pilihan kalaimatnya tentu kalimat-kalimat yang
senafas dengan kegiatan tersebut. Petikan – petikan istilah terbaru akan menjadi
bumbu penyedap bagi PA/MC.
· Analisis
demografi . dalam pemilihan bahasa dan kalimat yang digunakan juga harus
memperhatikan usia, jenis kelamin, asal suku bangsa , agama, dll. Tentu sangat
berbeda verbal yang digunakan saat memandu acara anak-anak dengan acara orang
dewasa.
2. Voice.
Suara yang kita keluarkan ketika berbicara . suara dan cara berbicara
Teknik
memproduksi suara dengan memperhatikan:
A. Speed,
standart kecepatan suara harus menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi
B. Volume,
dalam memandu sebuah acara, suara yang dihasilkan harus bulat
C. Tone,
tinggi rendah suara, agar audience tidak mersa bosan selama acara berlangsung
D. Timbre,
suara yang ekspresif akan sangat mudah mempengaruhi pendengar
E. Power,
kekuatan suara yang dihasilakan harus tepat sesuai dengan pemakaian kata
F. Nafas,
bebicara dengan nafas perut, karena suara yang dihasilkan lebih dalam, power
lebih kuat dan lebih tersa nikmat untuk didengar.
Teknik berbicara
Yang
harus diperhatikan untuk menghasilan cara berbicara yang lebih proffesional
dalam membawakan acara antara lain:
1. Intonasi
: sebaiknya suara tidak datar, tetpi mengandung irama beirama
2. Artikulasi
: setiap kata yang diucapkan haruslah jelas benar, sehingga mudah dimengerti
atau dipahami
3. Phrasing
: dalam berbicara sebaiknyamemberikan jeda agar dapat dimengerti
4. Stressing
: memberikan energi daolam suara , agar tidak menimbulkan kesan loyo
5. Infleksi
: lagu kalimat, perubahan nada suara, hindari pengucapan yang sama bagian
setiap kata ( redundancy ). Infleksi naik menunjukkan adanya lanjutan kalaimat
atau menurun untuk menunjukkan adanya lanjut kalimat atau menurun untuk
menunjukkan akhir kalimat
3. Visual,
penampilan / body language
Pentingnya
bahasa tubuh dalam turut andil memperkuat pesan yang disampaikan bisa kita
pelajari dari sebuah hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa 60-70% manusia
berkomunikasi dengan non verbal. Artinya manusia berkomunikasi kebanyakan tidak
menggunakan mulut. Film charlie chaplin yang bisu atau mr.bean adalah contoh
betapa hebatnya gerakan dan bahasa tubuh menyampaikan sebuah pesan kepada
audience. Tanpa suarapun audience mengerti akan alur cerita yang disajikan
sehingga kedua film tersebut mampu meraih sukses dizamannya.
Jenis-
jenis acara
1.
Acara resmi seperti peringatan hari nasionla,
pelantikan, sertijab, pembukaan/ penutupan sebuah kegiatan/ event
Speed
: natural- lambat
Tone
: rendah
Volume
: kuat
Power
: kuat
Timbre
: khidmad , serius
2.
Acra keagamaan seperti maulid nabi muhammad
SAW, wirid remaja, halal bi halal, dll
3.
Acra keluarga seperti pernikhan, khitanan, syukuran
dll.
4.
Acra hiburan seperti mlam seni, festival,
pentas seni/ inagurasi dll
Tone
: rendah
Volume
: kuat
Power
: kuat
Timbre : khidmad ,
serius
Hal-hal yang tidak lazim
dilakukan oleh seorang pembawa cara / MC
Untuk menciptakan citra / kesan sebagai pembawa
acara yang profesionla dimata audience, ada bebrapa hal yanga hrus dihindari
oleh seorang pembawa acara / MC
1. Membacakan
susunan acara di awal
2. Memberikan
penghormatan yang panjang-panjang
3. Over
acting / berlebihan
4. Memberikan
ucapan terimakasih yang berlebihan
5. Mengulas
pembicaraan sebelumnya
6. Menyampaikan
pengumuman dalam acara
7. Meniru/
mencoba berlaku seperti orang lain
8. Mengeksploitir
suara dan tekanan secara berlebihan
9. Angkuh
dan menyombongkan diri
Jurus jitu menjadi pembawa
acara / MC
1. Setelah
menyetujui sebuah acara, pastikan anda minimal sudah mendapatkan informa,si
tentang acara tersebut yang meliputi : what, when, where, who
2. Sedapat
mungkin luangkan waktu untuk menghadiri geladi resik
3. Datanglah
lebih awal ke tempat acara. Minimakl 1 jam sebelum acara
4. Jalin
komunikasi dengan soundman dan orang-orang yang akan berhubungan dengan kita
5. Tersenyumlah
dan balaslah senyum orang yang tersenyum kepada anda
6. Tanyakan
kepada panitia tentang pejabat-pejabat penting yang akan datang dan kepastian
kedatangan mereka
7. Tunjukkan
wajah bersahabat dan buatlah kontak mata
8. Jiaka
anda merasa gugup, maka cobalah untuk bergerak ringan dan tariklah nafas
dalam-dalam
9. Hiburlah
diri anada dengan mengenang kesuksesan anda dimasa lalu
10. Hilangkan
kecemasan yang tidak perlu
11. Janagan
membuat pengakuan negatifhttp://anismc.blogspot.com/2013/05/master-of-ceremony-mc.html#more
0 komentar:
Posting Komentar
1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.
Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.
( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )
Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.
Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar
Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com