Ternyata, sosialisasi di lingkungan kerja pun memiliki aturan
tersendiri. Salah bersosialiasi bisa-bisa kamu memupuk musuh bukan
menambah teman. Berikut cara-cara bersosialisasi di kantor seperti
disitat dari Buku Anak Bawang Cari Peluang, Minggu (29/4).
Berbicara dengan jelas
Bangunlah komunikasi dengan arah pembicaraan yang jelas. Pembicaraan
tanpa arah hanya akan membuat lawan bicara bingung, bahkan kapok untuk
kembali melanjutkan perbincangan denganmu.
Hati-hati berkomentar
Ketika dilibatkan dalam sebuah pembicaraan yang melibatkan isu menarik,
tentu akan memancingmu untuk berkomentar. Namun, hendaknya kamu
pikirkan matang-matang komentar yang akan kamu lontarkan. Jika isi
perbincangan mengenai hal-hal serius, maka pastikan kamu memberikan
komentar yang juga berisi.
Kompromi
Tidak hanya di dunia kerja, ketika memasuki lingkungan baru, tentu kamu
akan dihadapkan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang
berbeda. Jangan pernah menjadikan satu pengalaman dengan satu orang
untuk menggeneralisasikan rekan-rekan kerja lainnya.
Ketidaksepahaman dengan rekan kerja karena perilaku maupun pola
pikirnya tidak sesuai denganmu itu adalah hal wajar. Namun, pastikan
kamu tetap produktif dalam bekerja. Budayakan kompromi dan toleransi
sehingga bisa tercipta suasana kerja yang solid dan menyenangkan.
Pengaruhi orang lain
Mempengaruhi orang lain dapat dilakukan dengan banyak cara positif.
Bersikap ramah, menjadi pendengar setia, serta ringan tangan akan
membuat orang lain merasa nyaman berada di dekatmu. Jangan lupa,
tunjukkan kualitas yang kamu miliki sehingga mereka menganggapmu
sebagai orang yang diperhitungkan.
Hadapi masalah
Meski telah berusaha dengan baik, tidak dimungkiri masalah akan tetap
datang. Namun, lari dari masalah bukanlah sebuah sikap yang bijak.
Hadapi masalah tersebut dengan kepala dan hati yang tenang.
Tidak mudah terpancing
Ketika terjadi konflik di kantor, jangan mudah terpancing emosi.
Apalagi melakukan tindakan karena terpengaruh provokasi. Berpikirlah
secara jernih, sehingga kamu dapat mengambil sikap dengan obyektif.
Jangan takut perubahan
Orang yang antiperubahan hanyalah orang kaku dan pengecut. Jika tidak
mampu menerima perubahan, maka kamu tidak akan pernah bisa maju. Oleh
karena itu, jangan takut menerima perubahan selama itu memang baik
untuk karier dan kehidupanmu.
Lepaskan ego
Bekerja dalam sebuah perusahaan apapun berarti siap untuk menjadi
pemain tim. Untuk menjadi pemain tim yang baik, kamu harus bisa
melepaskan ego, sehingga dapat menjalin kerja sama yang solid.
by: http://forum.kompas.com/teras/111060-bergaul-di-kantor-baru.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.
Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.
( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )
Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.
Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar
Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com