pic by: blog bagindaery
motor gak bisa hidup? jangan panik dulu kita cari penyebabnya
1. Pemeriksaan Saluran Bahan Bakar
Lepaskan slang bahan bakar pada karburator dan terapkan tekanan vakum pada fuel auto valve.
Apakah bahan bakar mengalir dengan bebas?
TIDAK -
• Saluran bahan bakar tersumbat
• Fuel auto valve tersumbat
• Lubang pernapasan fuel tank tersumbat
• Fuel strainer (saringan bahan bakar) tersumbat
YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 2.
2. Pemeriksaan Busi
Lepaskan dan periksa busi.
Apakah busi basah?
YA -
• Karburator banjir
• Starting enrichment (SE) thermal valve tidak bekerja dengan baik
• Throttle valve terbuka
• Air cleaner (saringan udara) kotor
• Pilot screw tidak disetel dengan benar
TIDAK - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 3
3. Test Percikan Bunga Api Busi
Jalankan test busi.
Apakah bunga api lemah atau tidak ada bunga api?
YA -
• Busi tidak bekerja dengan baik
• Busi kotor
• Kabel-kabel sistem pengapian longgar atau terlepas
• Kabel busi putus atau ada hubungan singkat
• Ignition coil (koil pengapian) tidak bekerja dengan baik
• Ignition pulse generator tidak bekerja dengan baik
• Kunci kontak tidak bekerja dengan baik
• Ignition control modle (ICM) tidak bekerja dengan baik
• Side stand switch tidak bekerja dengan baik
• Kawat side stand switch putus
TIDAK - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 4
4. Pemeriksaan Kompressi Cylinder
Periksa kompressi cylinder.
Apakah tekanan kompressi sesuai dengan spesifikasi?
TIDAK -
• Klep macet terbuka
• Cylinder dan piston rings aus
• Cylinder head gasket rusak
• Klep macet
• Kontak dudukan klep tidak benar
• Waktu pembukaan klep tidak benar
YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 5
5. Kondisi Menghidupkan Mesin
Hidupkan mesin dengan mengikuti prosedur normal.
Apakah mesin hidup tetapi berhenti kembali?
YA -
• SE thermal valve tidak bekerja dengan baik
• Inlet pipe bocor
• Karburator tidak disetel dengan benar
• Karburator tersumbat
• Waktu pengapian tidak tepat (ICM atau ignition pulse generator tidak bekerja dengan baik)
• Bahan bakar tercemar
5. Kondisi Menghidupkan Mesin
Hidupkan mesin dengan mengikuti prosedur normal.
Apakah mesin hidup tetapi berhenti kembali?
TIDAK, mati total.
- Cek sekring utama kelistrikan
- Cek terminal aki, positif dan negatif
- Cek & tes kondisi kunci kontak <- em="">sampai disini ditandai listrik mati total, no lamp no horn no everything->
- Cek tegangan aki
- Cek switch engine cut-off
- Cek soket main switch (biasanya soket panel switch kanan setang)
- Cek switch di side-stand switch dan rearbrake switch di motor matic <- em="">sampai disini masih ditandai adanya listrik, horn-lamp-wingker masih bisa menyala walau lemah/redup->
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.
Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.
( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )
Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.
Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar
Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com